Pimpinan DPRD Tanah Datar Diambil Sumpah, Memulai Pengabdian Mengemban Amanah Rakyat

Ketua PN Batusangkar Tiwik, SH. MHum memandu pengambilan sumpah/janji H. Ronny Mulyadi Datuk Bungsu sebagai Ketua DPRD dan Anton Yondra sebagai Wakil Ketua.
Ketua PN Batusangkar Tiwik, SH. MHum memandu pengambilan sumpah/janji H. Ronny Mulyadi Datuk Bungsu sebagai Ketua DPRD dan Anton Yondra sebagai Wakil Ketua. (Ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF Ketua dan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Datar mengucapkan sumpah/janji jabatan dengan dipandu Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar Tiwik, SH. M.Hum atas nama Mahkamah Agung (MA) di Aula Dewan, Senin 21 Oktober 2019.

Pengambilan sumpah dilakukan dalam Rapat Paripurna DPRD dengan agenda Pengucapan Sumpah/Janji Pimpinan DPRD masa jabatan 2019--2024 tersebut, dipimpin Ketua DPRD sementara Jonnedi dan Wakil Ketua sementara Istiqlal.

baca juga: Istano Basa Pagaruyung Mulai Buka 8 Juni, Ini Syarat Bagi Wisatawan

Dua pimpinan dewan yang diambil sumpah itu adalah H. Ronny Mulyadi Datuk Bungsu dari Fraksi Partai Gerindra sebagai ketua, dan Anton Yondra dari Fraksi Partai Golkar sebagai wakil ketua.

baca juga: Masjid di Tanah Datar Mulai Laksanakan Salat Jumat

Pada kesempatan itu juga dilakukan pengucapan sumpah/janji satu orang anggota DPRD terpilih atas nama Saidani dari Partai PKS sebagai anggota DPRD Tanah Datar masa jabatan 2019--2024.

Pengambilan sumpah anggota dewan yang tertunda karena ia menunaikan ibadah haji ini dipandu oleh Ketua DPRD Ronny Mulyadi Datuk Bungsu setelah menerima palu pimpinan dari Ketua Sementara Jonnedi.

baca juga: Pemkab Tanah Datar Matangkan Persiapan New Normal

Ronny menyampaikan dengan terpilihnya pimpinan dewan defenitif pertanda dimulainya masa pengabdian dalam mengemban amanah dan kepercayaan dari sesama anggota dewan dan masyarakat.

"Betapa beratnya amanah yang terpikul sebagai pimpinan dewan, maka harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, proporsional, jujur dan konsekuen sesuai peraturan yang berlaku," ujar Ronny.

baca juga: Kondisi Terkini Longsor di Batipuh Selatan Tanah Datar

Ia menginginkan lembaga DPRD yang terhormat ini hendaknya benar-benar menjadi wakil rakyat dan berfungsi sebagai agen rakyat yang menampung dan mewujudkan aspirasi rakyat..

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi menyampaikan di tengah banyaknya tantangan dalam mengemban amanah hendaknya dapat menjaga keharmonisan dengan pemerintah daerah.

“Sinergitas pemerintah daerah dengan DPRD sangat perlu untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat. Ini saatnya bekerja untuk mencapai kesejahteraan rakyat Tanah Datar ,” kata Irdinansyah.

Turut hadir dalam acara pengambilan sumpah jabatan tersebut 28 anggota dewan, unsur Forkopimda, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, komisioner KPU dan Bawaslu, Camat, wali nagari, ormas dan pimpinan parpol. (adv)

[Irfan Taufik]

Penulis: Khadijah