Gubernur Sumbar: Kualitas Perencana Menentukan Pembangunan Daerah

"Kualitas dari pejabat fungsional perencana menentukan pembangunan daerah, karena dari sini dimulai perencanaan itu. Untuk itu perlu perencana berdaya saing tinggi dan memiliki kualitas tinggi"
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno berbicara dalam Seminar Jabatan Fungsional Perencana 2019 (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan, sumber daya manusia perencana daerah yang mayoritas tergabung dalam Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menentukan pembayaran di daerah.

Hal itu disampaikannya saat Seminar Regional Jabatan Fungsional Perencana (JFP) Tahun 2019 yang dilaksanakan di Hotel Mencure Padang, Senin, 21 Oktober 2019.

"Kualitas dari pejabat fungsional perencana menentukan pembangunan daerah, karena dari sini dimulai perencanaan itu. Untuk itu perlu perencana berdaya saing tinggi dan memiliki kualitas tinggi," katanya.

Menurut Irwan, saat ini mekanisme kerja, sistem insentif dan karakter struktur organisasi unit kerja perencanaan yang cenderung struktural.

"Pejabat fungsional perencana harus dapat merubah pola pikir (mindset) dari berpikir rutinitas menjadi berpikir out of the box, tidak lagi bermental dilayani tetapi harus melayani," imbuhnya.

Dia berharap melalui Seminar Regional JFP Bappenas dapat menambah wawasan baik kepada fungsional perencana, terutama kepada Perangkat Daerah sehingga peran dari fungsional perencana mendapat tempat sesuai dengan tugas pokok perencana dan kedudukan fungsional perencana sesuai dengan yang menjadi pelaksanaan tugasnya yang dapat memberikan kontribusi kepada organisasi secara optimal.

"Untuk itu perlu menyediakan sumber daya manusia JFP lebih banyak lagi yang terkait dengan bidang-bidangnya, agar perkembangan pembangunan dapat lebih maju," kata Irwan.

Selanjutnya sebagai penutup gubernur Sumbar menyampaikan, melalui rekruitmen pegawai negeri sipil (PNS), yang dilakukan kementerian/lembaga di seluruh Indonesia, perlu memiliki background perencana di struktural dengan begitu terbentuk JFP profesional. (*)