Buka Peluang Untuk Semua Pihak, DPD PAN Pasbar Buka Pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah Pilkada 2020

"Sudah ada bakal calon kepala daerah yang menghubungi saya, namun kita belum bisa menjawab siapa orang nya, nanti setelah resmi mendaftar baru kita sampaikan"
Kantor DPD Partai Amanat Nasional Pasaman Barat di Jalan Tuanku Imam Bonjol, Bancah Tarok (KLIKPOSITIF/ Irfan Pasaribu)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Partai Amanat Nasional (PAN) secara resmi telah membuka pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) untuk di Pilkada 2020 mendatang.

Hal itu sampaikan Sekretaris DPD PAN Pasaman Barat, Dedy Ihram kepada KLIKPOSITIF.
"PAN mengundang putra putri terbaik Bumi Mekar Tuah Basamo ini untuk mendaftarkan diri sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati," ujarnya, Selasa (22/10).

Ia menjelaskan, untuk tahap pendaftaran dan penjaringan calon sudah dibuka sejak 21 Oktober sampai 21 November 2019 mendatang. "Kami buka sepenuhnya untuk semua kalangan tanpa pungutan atau mahar pada proses pencalonan.

"Siapa saja boleh, baik dari kalangan pengusaha, politisi, akademisi, aktivis, penggiat sosial dan ulama. Namun harus sesuai dengan mekanisme yang ada," jelas Dedy.

Pemilik empat kursi wakil rakyat di gedung parlemen padang tujuh itu, tentu terbuka peluang untuk mengusung bakal calon Bupati. "Kita siap berkoalisi dengan partai lain," tegas Sekretaris partai berlambang matahari itu.

Untuk diketahui kata Dedy, banyak tahapan yang harus dilalui para calon. Ada beberapa tahapan diantaranya, tahapan penjaringan, verifikasi, penyampaian visi dan misi, pengusulan, survei dan penetapan.

Ia merinci, pertama tahapan penjaringan terdiri dari pengumuman pendaftaran, talent scouting dan pendaftaran bakal calon. Kedua tahapan verifikasi diantaranya, verifikasi dokumen persyaratan bakal calon dan menyerahkan hasil verifikasi bakal calon untuk di pleno terbuka melibatkan DPC PAN.

Nantinya hasil pleno DPD dari sekian banyak bakal calon akan dikerucutkan menjadi tiga bakal calon, untuk selanjutnya diusulkan ke tahap pengusulan ke DPW. Kemudian DPW akan memplenokan bersama DPD dan dihadiri DPP.

Namun ditahap terakhir sebelum ditetapkan oleh DPP, setiap bakal calon wajib melakukan survei dari lembaga survei yang direkomendasi dari DPP PAN untuk mengetahui ... Baca halaman selanjutnya