Dapat Bantuan Dari Yayasan Rimba Indonesia, Sisra Ismail Olah Sampah Jadi BBM di "Kampung Nelayan" Pessel

"Niatnya agar kampung kami bersih dari sampah plastik yang selama ini membuat pantai kotor"
Sisra Ismail saat mengolah sampah plastik menjadi BBM di Pessel (KLIKPOSITIF/ Halber)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Di sudut sebuah perkampungan di Kenagarian Sungai Pinang, Kecamatan Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan-Sumatera Barat terdapat sebuah bangunan pengolahan sampah.

Siapa sangaka di perkampungan yang dipadati oleh mayoritas nelayan itu ada fasilitas pengolahan sampah menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM) yang mampu menunjang masyarakat sekitar.

Beberapa karung sampah berjejer di dalam bangunan berukuran kurang lebih 6X4 meter itu. Seorang lelaki menggunakan masker sedang mengotak-atik alat ang diletakkan di ruangan itu.

Namanya Sisra Ismail. Lelaki yang sudah sebulan lalu mengubah sampah menjadi BBM itu mengabdikan dirinya di Yayasan Rimba Indonesia yang memberikan bantuan alat pengolahan sampah kepada dirinya setelah mengajukan proposal dan diterima oleh yayasan tersebut.

Ia mulai memasukkan sampah plastik yang diantarkan oleh masyarakat ke dalam mesin yang didapatkan dari yayasan Rimba Indonesia.

Helai demi helai sampah dimasukkan ke dalam mesin yang terbuat dari aluminium itu. Hingga mesin itu mulai penuh dengan sampah yang ia peroleh dari masyarakat sekitar.

"Niatnya agar kampung kami bersih dari sampah plastik yang selama ini membuat pantai kotor," katanya sambil memungut sampah itu.

Ia mulai menyalakan mesin itu dan menyalakan kompor gas yang diletakkabn di bawah mesin sebagai alat pembakarannya.

"Nanti mesinnya akan memanas dan mulai mencairkan sampah plastik yang ada di dalamnya. Saat itulah mesin ini akan mengolahnya menjadi BBM," katanya sembari menyalakan api di kompor itu.

Setelah itu ia mulai menyalakan mesin pompa air untuk menyalurkan air ke dalam mesin dan mengeluarkannya kembali.

"Alatnya sudah mulai bekerja dan tinggal menunggu saja ia memroses sampah menjadi bahan bakar yang akan kami fungsikan untuk menghidupkan genset di penginapan milik yayasan," sambungnya.

Selang beberapa menit ia mulai memutar keran ... Baca halaman selanjutnya