PKS: Pemerintah Harus Hadir di Tengah-tengah Masyarakat

" Contoh sederhana yakni saat kasus Wamena yang menimpa masyarakat Sumbar"
Politisi PKS Irsyad Syafar (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF - Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengatakan pemerintah harus hadir di tengah-tengah masyarakat. Hal ini berkaca dari kerusuhan Wamena yang terjadi beberapa waktu lalu.

Politisi PKS Irsyad Syafar mengatakan dalam nawacita yang didengungkan pemerintah tercantum soal hadirnya pemerintah di tengah-tengah masyarakat. "Sementara ada rasa yang dihadapi oleh sebagian masyarakat soal belum hadirnya pemerintah. Contoh sederhana yakni saat kasus Wamena yang menimpa masyarakat Sumbar. Menurut saya harusnya negara kita yang merupakan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dimanapun masyarakatnya, pemerintah harus hadir," tuturnya.

Keharusan hadir ini dinilai Irsyad karena Indonesia bukan negara bagian. "Masyarakat Sumbar yang ada di Wamena juga masyarakat Indonesia sehingga tak harus pula Pemerintah Daerah Sumatera Barat membiayai kepulangan mereka ke Sumbar, ini kan tanggungjawab negara. Kita bukan negara bagian yang memiliki anggota negara di negara lain, kemudian kalau ada apa-apa di bantu. Tapi ini bagian dari empati dan kebersamaan, sehingga yang ditanya masyarakat dimana hadirnya negara dalam kasus ini," jelasnya.

Ia menuturkan kejadian yang terjadi di Wamena tak setingkat dengan dengan kejadianntya. "Padahal dalam nawacitanya hadir negara di tengah-tengah masyarakat. Sehingga hal ini terasa janggal," jelasnya.

Ia berharap kedepannya segala hal yang menjadi kritik dan saran untuk pemerintahan kedepan bisa mendukung pemerintahan. "Sehingga pemerintah jangan juga alergi dengan kritikan yang disampaikan," jelasnya. (*)