MPP Payakumbuh Sediakan Baju Nikah dan Pelaminan untuk Pengantin

"Atas ide dari Pak Wali Kota Riza Falepi kita diminta untuk memfasilitasi masyarakat kurang mampu dengan menyediakan langsung pelaminan dan baju nikah di MPP"
Pelaminan yang terdapat di MPP Payakumbuh. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Warga Kota Payakumbuh yang ingin melangsungkan pernikahan dipastikan bisa langsung ke Mall Pelayanan Publik (MPP) yang terletak di Lantai 1 Balai Kota Payakumbuh. Di lokasi tersebut disediakan baju nikah dan juga pelaminan yang bisa digunakan pasangan pengantin yang akan melangsungkan akad nikah.

"Atas ide dari Pak Wali Kota Riza Falepi kita diminta untuk memfasilitasi masyarakat kurang mampu dengan menyediakan langsung pelaminan dan baju nikah di MPP," kata Bimas Kanwil Kemenag Payakumbuh, Imran, Selasa (22/10).

Ia mengatakan, inovasi tesebut adalah yang pertama di Sumatera Barat, yaitu bisa menikah langsung dengan segala kelengkapannya di MPP.

"Beda dengan di KUA hanya bisa ijab qabul saja, di sini disediakan pelaminan seperti layaknya pesta perkawinan dan baju nikah," ujarnya.

Terkait biaya, Kemenag Payakumbuh saat ini tengah mengupayakan payung hukum nikah gratis di MPP karena di dalam aturan Kemenag yang nikah gratis hanya untuk nikah di balai nikah KUA.

Ia optimis akan disetujui Kemenag terkait pengajuannya tersebut untuk membolehkan pelayanan nikah gratis di MPP tak hanya di Balai Nikah.

"Aturan untuk membolehkan gratis bagi nikah di MPP ini sedang kita ajukan ke Kemenag, karena ini tujuannya baik untuk kemudahan masyarakat," jelasnya.

Syarat untuk nikah di MPP tersebut harus warga yang kurang mampu dibuktikan dengan surat keterangan kurang mampu dari kelurahan.

"Ini inovasi yang bagus karena banyak masyarakat terhalang nikah karena beban biaya nikah," ujarnya.

Selain urusan nikah, kantor Kemenag di MPP juga melayani berbagai persoalan lain, seperti persoalan haji, zakat, wakaf dan produk halal.