Siswa SMN Papua Tampilkan Tarian Yospan di Sumbar

"Tari Yosin Panjar merupakan tari muda-mudi dari Papua Barat yang dilakukan secara berpasangan"
Siswa SMN asal Papua tampikan tari Yospan di SMA N 1 Padang (KLIKPOSITIF/Fitria Marlina)

PADANG, KLIKPOSITIF - Siswa Mengenal Nusantara 2016 asal Papua Barat mengunjungi SMAN 1 Padang Sumatra Barat pagi tadi, Senin 8 Agustus 2016. Siswa SMN asal Papua Barat pada kesempatan ini menampilkan kesenian dari daerahnya, yakni Tari pergaulan yang disebut dengan Yosin Panjar (Yospan).

Tari Yosin Panjar merupakan tari muda-mudi dari Papua Barat yang dilakukan secara berpasangan. Tari ini biasanya dimainkan minimal oleh sepuluh orang atau lima pasang saat upacara pernikahan.

Selain itu, para siswa juga berbagi cerita tentang kegiatan di sekolah, prestasi-prestasi yang diraih, kurikulum yang digunakan, sistem belajar dan kegiatan ekstakurikuler.

Acara berlangsung penuh keakraban.

Kunjungan ini merupakan kegiatan pertama mereka setelah technical meeting dan sambutan langsung oleh Gubernur Irwan Prayitno di gubernuran.

Dalam kunjungan kali ini, mereka disambut oleh anggota Organisasi Intra Sekolah (OSIS), Majelis Permusyawaran Kelas (MPK) dan guru.

Wakil Kepala Humas dan Sarana SMA N 1 Padang Febria Suhatri mengaku kunjungan ini merupakan kunjungan tahun kedua SMN ke SMA N 1 Padang.

"Kami merasa terhormat dapat kunjungan teman-teman dari Papua Barat. Dan pada kunjungan tahun kedua SMN ini kami juga menampilkan beberapa kegiatan seni diantaranya tari kreasi, musik akustik, grup vokal yang menyanyikan lagu-lagu nusantara,"ujarnya.

Ia berharap dengan adanya kunjungan SMN ke sekolahnya, pihak sekolah semakin mengenal budaya-budaya yang ada di Indonesia. "Dan tentunya semakin mencintai ragam budaya yang ada," katanya.

 

Sementara itu,

Siswa SMAN 1 Padang secara langsung mengajak SMN asal Papua Barat mengenali sekolah mereka secara keseluruhan.

SMN 2016 asal Papua Barat akan mengunjungi dan mempelajari tiga bidang yang telah ditetapkan oleh Kementerian BUMN, yakni bidang pendidikan, pariwisata dan kebudayaan serta kewirausahaan.

Mereka akan ... Baca halaman selanjutnya