Sepekan Operasi Zebra di Padang Panjang, Polisi Keluarkan Ratusan Surat Tilang

"Operasi Zebra yang digelar selama 23 Oktober sampai 5 November 2019, baru sepekan dilaksanakan kita telah mengeluarkan sebanyak 503 lembar tilang kepada pelanggar peraturan lalulintas"
Operasi Zebra 2019 di Polres Panjang Panjang. (ist)

PADANGPANJANG, KLIKPOSITIF -- Sudah sepekan pelaksanaan Operasi Zebra 2019, Satuan Lalu Lintas Polres Padang Panjang sudah mengeluarkan 503 lembar surat bukti pelanggaran (tilang) pada pengendara roda dua dan roda empat yang melanggar peraturan lalu lintas.

"Operasi Zebra yang digelar selama 23 Oktober sampai 5 November 2019, baru sepekan dilaksanakan kita telah mengeluarkan sebanyak 503 lembar tilang kepada pelanggar peraturan lalulintas," kata Kapolres Padang Panjang AKBP Sugeng Hariyadi di Padang Panjang, Kamis, 31 Oktober 2019.

Kapolres menyebut jumlah Tilang yang dikeluarkan itu terdiri dari beberapa jenis pelanggaran yakni tidak memakai helm standar sebanyak 133, tidak memasang sabuk pengaman 91, pengendara dibawah umur 71, melawan arus lalulintas 66, bonceng lebih dari dua sebanyak 34, melanggar lampu lalulintas 53 dan pelanggaran lainnya sebanyak 55.

Kemudian, Satlantas Polres Padang Panjang juga telah menyita kendaraan roda empat sebanyak 3 unit, roda dua 72 unit, Surat Izin Mengemudi (SIM) sebanyak 251 lembar, dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) sebanyak 177 lembar.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Padang Panjang Iptu B. Mendrofa menyampaikan bagi para pelanggar peraturan lalu lintas, terutama di jalan umum, personilnya akan memberikan sanksi tegas.

“Tertib berlalu lintas semestinya bukan hanya saat Operasi Zebra, melainkan sepanjang waktu. Kalau tidak tertib, yang rugi pengendara dan masyarakat juga,” tuturnya. (irfan taufik)