LPPM Unand Gelar Pelatihan Teknologi Produksi Ransum Unggas Lokal di Pulau Rajo Pessel

"Pembuatan ransum unggas ini menggunakan bahan pakan lokal berupa jagung pipil, ikan kering dan kulit lokan yang banyak tersedia di Nagari Pulau Rajo ini"
Dr. Ir Adrizal M.Si (dua dari kiri) memberikan penjelasan tentang cara pembuatan pakan unggas lokal kepada masyarakat Pulau Rajo.

PADANG, KLIKPOSITIF - Dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat di pedesaan, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Andalas (Unand), menggelar pelatihan produksi ransum ayam kampung dan itik di Nagari Pulau Rajo, Kecamatan Air Pura, Kabupaten Pessel.

Didukung oleh Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) Pulau Rajo, pelatihan yang digelar pada Jumat, 25 Oktober 2019 itu, dihadiri oleh Dosen Fakultas Peternakan Unand Dr. Ir. Adrizal, M.Si dan Robi Amizar, S.Pt, M.Si, serta Dosen Fakultas Teknologi Pertanian Ir. Ayendra Asmuti, M.Si sebagai pemateri.

Pelatihan yang diikuti oleh puluhan masyarakat daerah setempat, dibuka oleh Walinagari Pulau Rajo Salfaruddin, S.Pd dan Camat Air Pura yang diwakili oleh Apral, SH dan Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Kabupaten Pessel Busman Karel, serta Tenaga Ahli Teknologi Tepat Guna Eka Panbudi.

Dalam sambutannya, Walinagari Pulau Rajo Salfaruddin mengajak peserta pelatihan untuk serius mengikuti pelatihan supaya ilmu dan teknologi yang ditransfer oleh LPPM Unand, dapat diterapkan dalam meningkatkan perekonomian.

"Pelatihan pembuatan ransum unggas lokal ini potensi bagi peserta dalam meningatkan perekonomiannya melalui sektor peternakan. Jadi, kepada semua peserta pelatihan, ikutilah pelatihan ini dengan serius. Kalau ada yang ragu, jangan malu untuk bertanya," katanya.

Pelatihan pembuatan ransum unggas lokal dilakukan dengan metode ceramah dan diskusi serta praktek produksi. Materi pelatihan adalah potensi dan peluang peternakan unggas lokal di Nagari Pulau Rajo yang disampaikan Ir. Ayendra Asmuti, M.Si.

Kemudian untuk teknik pemeliharaan unggas serta teknik pembuatan ransum unggas berbasis bahan pakan lokal, disampaikan oleh Dr. Ir. Adrizal, M.Si dan Robi Amizar, S.Pt, M.Si. Praktek pembuatan ransum unggas dipimpin langsung oleh Dr. Ir. Adrizal, M.Si.

"Pembuatan ransum unggas ini menggunakan bahan pakan lokal berupa jagung ... Baca halaman selanjutnya