Polres Solok Kembali Fungsikan Pos Polisi Alahan Panjang

"Pos polisi Alahan Panjang memiliki historis yang cukup panjang di Kabupaten Solok"
Kapolres Solok AKBP Ferry Irawan menandatangani prasasti Pos Polisi Alahan Panjang (Istimewa)

SOLOK, KLIKPOSITIF -- Setelah sangat lama tak dimanfaatkan, Polres Arosuka Solok akhirnya kembali memanfaatkan pos Polisi Alahan Panjang, kecamatan Lembah Gumanti.

Kapolres Solok AKBP Ferry Irawan mengatakan, pos polisi Alahan Panjang memiliki historis yang cukup panjang di Kabupaten Solok. Pos Polisi tersebut sudah ada sejak zaman agresi Belanda II.

"Sejarahnya, Pos Polisi ini sudah ada sejak tahun 1949 dengan nama Komdis (Komando Distrik), dengan beranggotakan sebanyak 15 orang," terang AKBP Ferry Irawan, Jum'at (1/11).

Namun, dalam perjalanannya, Pos Polisi Alahan Panjang yang sudah dikantongi sertifikatnya sejak tahun 2005, juga pernah dimanfaatkan untuk berdagang oleh masyarakat.

"Kita akan manfaatkan pos polisi ini untuk membantu dalam peningkatan keamanan dan ketertiban masyarakat, nanti akan kita tempatkan petugas kita di sana," sebut Ferry Irawan.

Polres Solok nantinya akan menempatkan tiga orang personil di Pos Polisi yang ada di Jorong Alahan Panjang tersebut, dua orang dari satuan lalu lintas dan satu orang dari Bhabinkamtibmas.

Turut hadir dalam peresmian tersebut, Koramil Alahan Panjang yang diwakili Serka Ridwan, Jajaran Kepala Satuan, Polsek Lembah Gumanti Iptu Amin Nurasyid, Camat dan aparatur Nagari serta unsur Niniek Mamak setempat.

[Syafriadi]