Wacana Kenaikan BPJS 2020, Gubernur Sumbar Berharap Ada Kenaikan Layanan

"Jangan sampai ada lagi pasien yang lambat dilayani saat sakit hanya karena masalah administrasi dan sebagainya"
Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno berharap ada peningkatan layanan ke arah yang lebih baik ketika ada wacana kenaikan BPJS kesehatan awal tahun 2020 mendatang. (KLIKPOSITIF/Fitria Marlina)

PADANG, KLIKPOSITIF - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno berharap ada peningkatan layanan ke arah yang lebih baik ketika ada wacana kenaikan BPJS kesehatan awal tahun 2020 mendatang.

"Wacana kenaikan BPJS awal tahun 2020 mendatang tentunya harus dibarengi dengan kenaikan layanan yang lebih baik bagi pasien di semua wilayah layanan, termasuk rumah sakit. Jangan sampai ada lagi pasien yang lambat dilayani saat sakit hanya karena masalah administrasi dan sebagainya," katanya.

Menurutnya kenaikan BPJS yang sudah ditetapkan oleh pemerintah harus diikuti karena ini adalah kebijakan. "Kita ikuti saja kebijakan kenaikan ini, namun kenaikan itu tetap harus diikuti dengan kenaikan layanan sehingga tak ada lagi komplein dari masyarakat," tuturnya.

Ia menuturkan kenaikan BPJS pada awal 2020 mendatang juga akan dibantu dengan adanya anggaran di APBD berupa subsidi kepada masyarakat tidak mampu. "Sehingga akan ada keringanan bagi masyarakat, dan kita tentunya dan kita ikuti aturan pusat saja terkait kenaikan ini karena BPJS juga dibutuhkan masyarakat," tuturnya.

Namun harapan kita kenaikan BPJS harus sesuai dengan kenaikan layanan yang diterima masyarakat karena ini dibutuhkan. "Sehingga seimbang," paparnya. (*)