Porbbi Punggasan Gelar Alek Buruan Bukit Mandawa

Ilustrasi/KLIKPOSITIF
Ilustrasi/KLIKPOSITIF (Kiki Julnasri/Klikpositif)

PESSEL, KLIKPOSITIF - Persatuan Olahraga Buru Babi (Porbbi) baralek gadang. Dua daerah yakni Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) dan Dharmasraya bakal melangsungkan buru alek besar-besaran pada Minggu (3/10) besok.

Di Kabupaten Pessel, buru alek dilansgsungkan di Nagari, Punggasan, Air Haji. Para pecandu buru babi dari sejumlah daerah dan provinsi diprediksi bakal memeriahkan iven tersebut.
”Kami mengundang banyak pecandu buru babi di tanah air. Mereka ada yang datang dari Pulau Jawa, Jambi, Bengkulu, Riau dan sejumlah daerah lainnya,” sebut Ketua Porbbi Punggasan Arusman, Sabtu, 2 November 2019.

Ia menyebut, buru alek di Punggasan dilangsungkan sekali dalam setahun. Hal itu dilakukan sesuai dengan permintaan masyarakat yang mulai resah dengan hama babi yang menyerang tanaman di perkebunan dan areal persawahan milik petani.

Baca Juga

”Tidak hanya tanaman, bahkan minggu kemarin, seorang warga bernama Yosminar mengalami luka serius akibat diserang babi hutan di Air Haji,” sebut Arusman.

Untuk itu dengan diselenggarakannya buru alek besar-besaran yang dihadiri banyak pencandu buru bisa memberantas hama babi yang sangat meresahkan tersebut.

”Alek besar-besaran ini beratajuk” Silaturahmi Tanpa Batas”. Selain membantu petani kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi para anggota Porbbi se tanah air,” ujarnya.

Koordinator lapangan buru alek Punggasan Aryanto berharap, para pecandu buru babi dapat ikut menyukseskan kegiatan tersebut. Tidak hanya yang berada di Sumbar termasuk juga penghobi yang berada di provinsi lainnya. Selain itu, katanya kegiatan buru alek juga di-support penuh oleh Porbbi Sumbar sebagai induk organisasi di daerah.

”Kehadiran teman-teman pemburu sangat kami nantikan. Pada Sabtu malam, kami juga menyuguhkan hiburan tradisional bagi tamu undangan yang datang,” ujar Aryanto.

Sementara itu, Wali Nagari Punggasan Syafrijal mengapresiasi kegiatan yang sangat membantu petani tersebut.

”Kami sangat mendukung kegiatan ini. Izin dari nagari juga sudah kami keluarkan. Semoga kegiatan sukses dan terus meningkatkan silarutahmi warga, pemerintahan dengan Porbbi,” pungkasnya.

Sementara itu, buru alek besar-besaran juga dilangsungkan di Dharmasraya, tepatnya di Bukit Mandawa pada hari yang sama. Meski jadwalnya bersamaan, namun kekompakan dan antusias antar anggota Porbbi untuk mengikuti kegiatan itu sangat tinggi. Ribuan anggota Porbbi dari berbagai daerah juga akan menyemarakan buru alek di Dharmasraya.

”Semuanya sudah terjadwal. Dalam kegiatan buru alek ini seluruh undangan juga sudah disebar. Buru alek Bukit Mandawa ini juga bakal dihadiri oleh para pejabat pemerintahan dan tokoh masyarakat sebagai bentuk dukungan kegiatan untuk Porbbi,” sebut ketua panitia Frenki Karasak didampingi Jayat SH dan Robby Orlando sebagai perwakilan dari Porbbi Ceria. (*)

Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Joni Abdul Kasir