Puluhan Pedagang Minyak Eceran Datangi DPRD Sawahlunto

Puluhan Pedagang BBM Eceran di Kantor DPRD Sawahlunto
Puluhan Pedagang BBM Eceran di Kantor DPRD Sawahlunto (Muhammad Haikal/Klikpositif)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Puluhan pedagang Bahan Bakar Minyak (BBM) eceran datangi Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sawahlunto.

Kedatangan puluhan pedagang tersebut, berkaitan dengan dikeluarkan pemberitahuan dari Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto kepada SPBU agar tidak melayani lagi pedagang yang ditembuskan kepada Pemerintah Desa dan Kelurahan terhitung sejak 1 Oktober 2019.

Kepala DPM PTSP Naker Kota Sawahlunto Dwi Darmawati sebagai pihak terkait yang mengeluarkan surat pemberitahuan mengatakan, surat pemberitahuan tersebut dikeluarkan berdasarkan Undang-undang Nomor 53 tahun 2001 tentang Migas.

Baca Juga

Dwi menambahkan, dalam Undang-undang tersebut menyebutkan siapa saja yang memperjualbelikan kembali BBM jenis apa saja dianggap melanggar aturan niaga dengan ancaman hukuman maksimal 6 tahun penjara dan denda maksimal Rp6 miliar.

Dengan begitu, lanjut Dwi, pihaknya tidak lagi mengeluarkan rekomendasi bagi pedagang untuk bisa membeli di SPBU, saat ini pihaknya sudah mengeluarkan rekomendasi kepada pedagang sebanyak 150 lebih per September 2019.

"Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto akan menyurati Dinas ESDM Sumbar serta pihak Pertamina, bagaimana langkah selanjutnya, karena Pemko bukan pihak yang berwenang untuk mencari jalan keluar dari keluhan pedagang," ujarnya.

Koordinator Lapangan Ramsiwal mengatakan, kedatangan para pedagang untuk menyampaikan aspirasi ke dewan terkait tidak dikeluarkannya rekomendasi hingga tidak bisa membeli BBM di SPBU.

Ia mengungkapkan, jika tidak bisa menjual BBM lagi ini akan berdampak kepada perekonomian pedagang.

"Tadi dalam penyampaian keluhan, kami disambut oleh pimpinan dewan dan beberapa anggota. Kami berharap segera mendapatkan solusi, alhamdulillah kami puas usai menyampaikan aspirasi," kata Ramsiwal.

Ketua DPRD Sawahlunto Eka Wahyu menyebutkan, akan mencatat apa yang disampaikan oleh pedagang kepada Pemko Sawahlunto.(*)

Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Muhammad Haikal