Selama Operasi Zebra, Polres Pessel Kandangkan 112 Unit Kendaraan Bermotor

Sepeda motor yang dikandangkan selama Operasi Zebra di Pessel
Sepeda motor yang dikandangkan selama Operasi Zebra di Pessel (Istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Satlantas Polres Pesisir Selatan , Sumatera Barat menjaring ratusan pengedara selama pelaksanaan Operasi Zebra 2019. Dalam operasi yang dilaksanakan 14 hari dari 23 Oktober hingga 5 November itu, Polres Pessel mengandangkan 112 unit sepeda motor.

Kasat Lantas Iptu Yuliadi menyebutkan, dari ratusan pengendara yang terjaring, pihaknya telah mengeluarkan sebanyak 845 surat tilang. Barang bukti yang diamankan adalah STNK 637 lembar, SIM 96 lembar, dan Ranmor sebanyak 112 unit.

baca juga: Satu Pasien COVID-19 Asal Pessel Dinyatakan Sembuh

Ia menegaskan, selama pelaksanaan operasi, pihaknya telah mengacu pada Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan ( LLAJ), tentu saja penindakan dilakukan kepada pengguna kendaraan yang tidak memenuhi aturan.

Beberapa pelanggaran kasat mata yang acapkali ditemukan, di antaranya pengendara melawan arus, tidak memakai helm, tidak memakai sabuk pengaman, hingga tidak memiliki SIM dan STNK.

baca juga: Satgas BUMN Salurkan Bantuan Penanganan COVID di Pessel

Ia mengatakan, meski oporasi zebra tahun 2019 sudah berakhir, namun, Polres Pessel akan terus meningkatkan pembinaan dan penindakan dengan giat rutin, untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya pelanggaran dan angka kecelakaan.

"Kita mengajak dan mengimbau pada seluruh pengguna kendaraan, baik itu roda dua, roda empat dan roda enam agar tetap memperhatikan kelengkapan berkendara. Mari sama-sama kita budayakan tertib berlalu lintas, dan jadi pelopor keselamatan berlalu lintas," tutupnya.

baca juga: Jelang Lebaran, Ribuan Anak Yatim dan Piatu di Pessel Dapat Santunan dari Baznas

[Kiki Julnasri]

Penulis: Iwan R