Keluarga Besar Sumando Minang di Aceh Akan Dirikan Organisasi

Pada saat silaturahmi di Rumah dinas KAJATI Aceh. Dari kiri ke kanan Eka Rahma Daniati, T.Jefri Rosiadi, Ediwardo Ritonga, Brigjen Pol.Drs.Faisal AN, MH, Irdam Koto, Durain P Siregar, dan Afrinal Piliang.
Pada saat silaturahmi di Rumah dinas KAJATI Aceh. Dari kiri ke kanan Eka Rahma Daniati, T.Jefri Rosiadi, Ediwardo Ritonga, Brigjen Pol.Drs.Faisal AN, MH, Irdam Koto, Durain P Siregar, dan Afrinal Piliang. (dok.Ediwardo Ritonga)

KLIKPOSITIF -- Keluarga besar Sumando (pria yang memperistri perempuan asal Minang) di Aceh berencana akan mendirikan sebuah organisasi.

Hal ini disampaikan Ediwardo Ritonga, penggagas perkumpulan organisasi tersebut, yang beristrikan Suhartini Koto, berasal dari Sunur, Kurai Taji, Pariaman.

"Pertemuan awal pembentukan organisasi ini telah dilakukan pada 7 September 2019," ujarnya pada KLIKPOSITIF.

Baca Juga

Ia mengatakan pertemuan tersebut dilakukan di Rumah Dinas Kajati Aceh Taman Sari, Kota Banda Aceh. Hadir dalam pertemuan itu sumando Minang dan keluarga besar Minang seperti Afrinal Piliang (Kepala Cabang Surveyor Indonesia Cabang Aceh), Durain P Siregar (GM BUMN Solusi Bangun Andalas), Kajati Aceh Irdam Koto, dan lainnya.

Ediwardo Ritonga mengatakan sumando Minang yang ada di Aceh berjumlah sekira 100 orang. Mereka kebanyakan pekerja kantor di BUMN, pegawai negeri, kepolisian, TNI, dan bekerja di perkebunan.

Organisasi yang didirikan diharapkan dapat menjadi sarana untuk saling membantu, bertukar informasi tentang kampung halaman, dan tentunya sebagai ajang silaturrahmi.

Ia mengatakan rencana pembentukan organisasi ini disambut baik oleh sumando-sumnado yang lainnya. Kajati Aceh, Irdam Koto, mengatakan, organisasi yang akan dibentuk berguna untuk menggalang kekeluargaan sehingga tidak lupa pada kampung halaman.

 Kepala BNN Aceh, Brigadir Jenderal Polisi Faisal Abdul Naser, yang mewakili sumando, mengatakan, dimanapun bertugas--Papua, Sorong, Jakarta--yang pertama dicari adalah keluarga besar Minang. Faisal beristri perempuan asal Maninjau. Ia sendiri keturuna Jawa-Medan.

Direktur Operasional Kantor PTPN 1 Langsa Banda Aceh, Desmanto Mandai, mengatakan, tetap akan merangkul keluarga Minang yang ada di Aceh. "Saya terharu karena saya perantau," ujarnya seperti diceritakan Ritonga.

BACA JUGA: Perantau Minang Aceh Deklarasikan IKM

Keluaga besar sumando ini didukung oleh tokoh Aceh. Jefri Rosiadi (GM PT PLN Unit Induk Wilayah Aceh) mengaku kaget karena banyaknya warga Minang di Aceh. "Saya sangat terharu sebagai sumando. Dan saya mendukung semua kegiatan sumandi di Aceh," ujarnya. Jefri adalah tokoh Aceh yang beristrikan perempuan Minang.

Ediwrdo Ritonga ditunjuk menjadi koordinator keluarga besar sumando ini. Ia yang juga menjabat sebagai Ketua Forum Komunikasi BUMN Aceh ini mengatakan dalam waktu dekat akan mengumpulan kembali para sumando. Dan secepatnya akan dibentuk kepengurusan maupun struktur organisasinya.

[andika]

Editor: Pundi F Akbar