Tokoh Minang Roehana Koeddoes Akan Ditetapkan Sebagai Pahlawan Nasional

Roehana Koeddoes
Roehana Koeddoes (wikipedia)

KLIKPOSITIF -- Tokoh perempuan asal Minang Roehana Koeddoes  akan ditetapkan sebagai pahlawan nasional. Surat penetapan tersebut telah diterima Gubernur Sumatera Berat.

"Benar, surat penetapan almarhumah sebagai pahlawan nasional telah kami terima," ujar Kabiro Humas Pemprov, Jasman Rizal kepada KLIKPOSITIF, Kamis, 7 November 2019.

Surat yang diterima bertanggal 7 November. Dan direncanakan pada tanggal 9 November gubernur dapat hadir pada acara Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional di Istana Negara. Menurut Jasman, gubernur sudah menyatakan kesedian hadir di acara tersebut.

Baca Juga

Sejarahwan Universitas Andalas (Unand) Gusti Asnan turut berbahagia akan ditetapkannya Roehana Koeddoes sebagai pahlawan nasional.

"Ia sangat pantas mendapatkan gelar tersebut. Tapi saya baru dapat kabar dari Anda tentang penganugerahan ini," ujarnya kepada KLIKPOSITIF.

BACA JUGA: Pemkab Agam Perjuangkan Rohana Kudus Menjadi Pahlawan Nasional

BACA JUGA: Menanti Tokoh Asal Koto Gadang Jadi Pahlawan Nasional, Ini Langkah Pemrov Sumbar

Menurutnya, usulan untuk gelar pahlawan ini telah diajukan sejak 2007 oleh banyak lembaga, mulai dari Bundo Kanduang hingga Pemerintah Agam.

"Saya pernah menjadi pemakalah utama untuk pengusulan gelar ini pada 2008," ujarnya. Menurut penulis buku Pemerintahan Daerah Sumatra Barat: Dari VOC Hingga Reformasi ini, Roehana adalah salah seorang tokoh yang berjuang tanpa senjata.

Pada zamannya, ia mengajarkan perempuan untuk mandiri dengan mendirikan sekolah keterampilan khusus perempuan yaitu Amai Setia. Ia juga menjadi pendiri surat kabar perempuan pertama di Indonesia.

Roehana Koeddoes kelahiran Koto Gadang, Agam, pada 20 Desember 1884. Ia lahir dari ayahnya yang bernama Mohamad Rasjad Maharadja Soetan dan ibunya bernama Kiam. Roehana Koeddoes adalah kakak tiri dari Soetan Sjahrir, Perdana Menteri Indonesia yang pertama.

[Andika]

Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Pundi F Akbar