Dinas Pertanian Payakumbuh Pastikan Penyaluran Pupuk Bersubsidi Tepat Sasaran

Sosilisasi Dinas Pertanian Payakumbuh terkait penyaluran bubuk bersubsidi.
Sosilisasi Dinas Pertanian Payakumbuh terkait penyaluran bubuk bersubsidi. (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Untuk memastikan penerima pupuk bersubsidi adalah pemilik kartu tani, Dinas Pertanian Kota Payakumbuh memberikan sosialisasi terhadap distributor dan pemilik kios pupuk bersubsidi di daerah tersebut, Kamis (7/11).

Kegiatan penebusan pupuk bersubsidi dengan program kartu tani itu mengacu pada dasar hukum dari Permentan Nomor 47/Permentan/SR.310/12/2017 tentang alokasi dan harga eceran tertinggi pupuk bersubsidi untuk sektor pertanian pada tahun anggaran 2018.

Kepala Dinas Pertanian Kota Payakumbuh Depi Sastra mengakui, penyaluran pupuk bersubsidi di daerah tersebut belum sepenuhnya memenuhi target.

"Kegiatan ini untuk mengantisipasi potensi terjadinya kesalahan serta banyaknya database penerima pupuk subsidi yang belum terintegrasi kegiatan ini perlu dilakukan," kata Depi, Kamis (7/11).

Baca Juga

Dijelaskannya, dalam mengelola pupuk bersubsidi tersebut terus diupayakan perbaikan melalui proses penyempurnaan dan perbaikan data penerima yang diselaraskan dengan NIK.

"Selanjutnya implementasi penyaluran pupuk bersubsidi ini melalui kartu tani," terangnya.

Turut disampaikannya, dengan banyaknya temuan oleh BPK tentang penyaluran pupuk bersubsidi di lapangan, maka dibutuhkan rekomendasi dari pihak BPK bagi petani untuk mendapatkan kartu tani tersebut.

"Dengan dilaksanakannya program kartu tani ini diharapkan ketepatan sasaran penyaluran pemerintah dapat terealisasi dengan benar dan lancar," terang Depi.

Adapun untuk pemanfaatan kartu tani dalam mendapatkan pupuk bersubsidi yang diharapkan memberikan manfaat kepada petani, pemerintah dan stakeholder terkait dapat mengetahui data dan penyaluran pupuk bersubsidi secara tepat dan akurat, dan juga kepastian dalam pembayaran pupuk bersubsidi ini. (*)

Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Taufik Hidayat