KPHL Bukit Barisan Sumbar Amankan Tumpukan Kayu di Hutan Lindung Pessel

"pengamanan kayu tersebut bermula atas adanya laporan tentang maraknya aktivitas ilegal logging di kawasan tersebut. Namun, dari penyisiran tidak ditemui adanya orang, tapi tumpukan kayunya ada."
(Ist)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Polisi Kehutanan Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL) Bukit Barisan Sumatera Barat mengamankan kayu temuan sebanyak muatan satu unit Colt Diesel L 300, di Hutan Lindung kawasan Nagari Sungai Nyalo, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Kamis 7 November 2019.

Kepala KPHL Bukit Barisan Sumatera Barat, Bambang Suyono mengungkapkan, pengamanan kayu tersebut bermula atas adanya laporan tentang maraknya aktivitas ilegal logging di kawasan tersebut. Namun, dari penyisiran tidak ditemui adanya orang, tapi tumpukan kayunya ada.

BACA JUGA: Kisah Dasima yang Hidup di Rumah Reok dan Ditemani Kucing

"Karena tidak ada tersangkanya. Ya, jadinya temuan. Dan orang yang mengaku pemilik juga tidak ada," ungkapnya saat dikonfirmasi KLIKPOSITIF.

Ia menjelaskan, kayu yang ditemukan itu terpantau dari banyak jenis, namun rasak yang paling dominan, dan disinyalir kayu tersebut merupakan hasil dari aktivitas ilegal logging karena ditemukan dengan kondisi siap olah.

BACA JUGA: Sidang Kerusakan Mangrove, Saksi: Bangunan Wabup Pessel Tidak Menimbun Mangrove

"Karena lokasi hutannya berdekatan dengan kampung, jadi lebih mudah mengeluarkan kayu-kayu tersebut. Artinya aksesnya itu mudah sekali di situ. Jadi Wajar, masih terjadi," ujarnya.

Menurutnya, usai penemuan, kayu tersebut langsung diamankan ke kantor KPHL Bukit Barisan di Padang, namun, sejauh itu pihaknya belum menghitung berapa jumlah kubikasinya.

"BB (barang bukti) sudah diamankan di Kantor KPHL Bukit Barisan guna proses lebih lanjut," tutupnya. (Kiki Julnasri)