Pengamat: Figur Lebih Menentukan dari Parpol Pengusung di Sumbar

"faktor figur tetaplah lebih menentukan ketimbang parpol apapun yang mengusungnya."
Pengamat Politik Edi Indrizal (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Figur calon kepala daerah lebih menentukan dibandingkan partai politik pengusung dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 di Sumatera Barat.

Pengamat Politik Edi Indrizal mengatakan meski Partai politik (Parpol) memiliki posisi penting dalam mengusung calon, namun untuk tujuan pemenangan faktor figur tetaplah lebih menentukan ketimbang parpol apapun yang mengusungnya.

Ia melihat hal itu dari pengalaman tahun 2005 saat pemilihan kepala daerah Gamawan Fauzi. "Sumbar punya pengalaman Gamawan Fauzi memenangkan Pilgub padahal diusung PDI Perjuangan dan Partai Bulan Bintang (PBB) yang pada waktu itu menjadi parpol kurang diminati rakyat," jelasnya.

Selain itu, hal itu juga terjadi pada pemilihan kepala daerah di Kota Padang. "Hal itu juga terjadi di Pilkada Kota Padang. Kemarin Gerindra sebagai Parpol pemenang bahkan tidak mencalonkan kadernya, dan yang didukungnya bersama koalisi besar pun kalah oleh Mahyeldi-Hendri," tuturnya.

Sehingga melihat dari pengalaman yang ada, Edi menuturkan bahwa faktor figur tetap menjadi faktor penimbang terbesar dalam pemenangan Pilkada dibanding partai pengusung di Sumbar. "Karena partai pemenang sekalipun belum tentu bisa memenangkan Pilkada," jelasnya. (*)