Siang Ini Presiden Tetapkan Perempuan Minang jadi Pahlawan Nasional

"Ruhana Kuddus yang lahir dan besar di Koto Gadang dan menjadi jurnalis perempuan pertama Indonesia"
Presiden Jokowi (net)

KLIKPOSITIF-Presiden Joko Widodo siang ini akan memberikan penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional kepada tokoh dari Sumatera Barat yang menjadi jurnalis perempuan pertama Indonesia. Adalah Ruhana Kuddus yang lahir dan besar di Koto Gadang, Kabupaten Agam Sumatera Barat.

Ruhana Kuddus lahir di Koto Gadang, Kabupaten Agam 20 Desember 1884. Dia mendirikan sekolah Kerajinan Amai Setia (KAS) di Koto Gadang. Ruhana juga menulis di surat kabar perempuan, Poetri Hindia dan Soenting Melajoe. Dia meninggal di Jakarta pada 17 Agustus 1972 pada usia 87 tahun. Namanya resmi akan ditetapkan menjadi pahlawan nasional tahun ini, meski sebelumnya telah dua kali gagal saat diusulkan.

baca juga: Presiden Jokowi Berjanji Kunjungi Papua 2-3 Kali Setahun

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan Jokowi akan memberikan Gelar Pahlawan nasional kepada enam tokoh. "Iya betul (Presiden akan beri penganugerahan) jam 13.30 WIB untuk 6 orang," ujar Heru dilansir dari Suara.com.

Secara terpisah, Wakil Ketua Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan Negara Jimly Asshiddiqie mengatakan ada enam tokoh akan mendapat gelar pahlawan. Enam tokoh tersebut yakni tiga orang merupakan anggota Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Kemudian satu orang merupakan tokoh perempuan jurnalisme dan pendidikan, satu sultan yang provinsinya belum ada pahlawan dan satu dokter yang berjasa di dunia pendidikan.