Pengamat: Evaluasi Pilkada Langsung agar Parpol Berbenah

"evaluasi maka akan terlihat kapasitas dan integritas yang benar-benar baik"
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF - Usulan pemerintah untuk mengevaluasi pelaksanaan Pemilihan Kepal Daerah (Pilkada) secara langsung adalah hal penting dan perlu dilaksanakan. Hal ini dinilai sebagai upaya serius dalam membenahi pelaksanaan pesta demokrasi ini.

Pengamat Politik Edi Indrizal mengatakan valuasi terpenting yang harus dilakukan adalah di sektor hulu. "Sektor hulu ini yakni bersih-bersih partai politik agar lebih serius dalam berbenah diri dalam melakukan rekrutmen elit yang akan dicalonkan. Hal ini agar masyarakat lebih bergairah memilih calon kepala daerah yang lebih aspirati," katanya saat dihubungi, Kamis (7/11).

BACA JUGA: Pemerintah Usul Pilkada Langsung Dievaluasi, PPP: Sepenuhnya Sepakat

Ia mengatakan dengan adanya evaluasi maka akan terlihat kapasitas dan integritas yang benar-benar baik. "Sehingga ada yang benar-benar akan mampu melakukan percepatan kemajuan, khususnya Sumatera Barat yang relatif stagnan saat ini," tuturnya.

Sebelumnya Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyatakan ingin mengkaji pemilihan kepala daerah secara langsung. Menurutnya sistem politik Pilkada langsung yang telah berjalan memiliki sisi negatif, salah satunya biaya yang tinggi. Pihaknya juga akan melakukan pengkajian yang mengarah pada perubahan sistem Pilkada menjadi penunjukan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). (*)