Solar Langka di Pasbar, SPBU Menjadi Area Lokasi Macet

"Macet ini diakibatkan karena antrean panjang kendaraan jenis truk di sepanjang jalan menuju SPBU"
Jalan macet menuju SPBU batang Toman pada Minggu (10/11/2019) malam. (KLIKPOSITIF/Irfan Pasaribu)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Lagi, lebih kurang dua kilometer kendaraan terjebak macet di sekitar jalan menuju SPBU Batang Toman, Kecamatan Pasaman Barat, pada pukul 22.30 WIB, Minggu 10 November 2019.

"Bagaimana mau lewat, tiga lapis kendaraan mengisi badan jalan, kita di sini sudah lebih satu jam terjebak macet dan ini telah terjadi beberapa malam," ujar seorang pengendara roda empat, Rudi kepada KLIKPOSITIF.

Baca juga : Tunggu Solar Bersubsidi, Sopir Truk di Pasbar Rela Bermalam di SPBU

Macet ini diakibatkan karena antrean panjang kendaraan jenis truk di sepanjang jalan menuju SPBU Batang Toman yang hendak mengisi solar, sehingga badan jalan yang tersisa dijadikan jalan dua arah oleh pengendara yang melintas.

"Tentu kemacetan tidak terelakkan, untung ada petugas kepolisian, meski sempat kewalahan saya lihat," ucap Rudi.

"Saya terpaksa harus lewat jalan ini, sebab kalau jalan lain jauh. Ya, terpaksa harus lewat sini untuk irit biaya," terangnya.

Sementara pengelola SPBU Batang Toman, Suardi menjelaskan hal ini terjadi sudah lebih seminggu dan tak bisa dielakkan karena jatah solar subsidi di setiap SPBU tidak sebanding dengan jumlah kendaraan yang ingin mengisi.

Sehingga katanya, mana yang belum kebagian terpaksa memarkirkan kendaraannya, hingga solar masuk kembali esok hari dari pertamina. "Jatah kita hanya setengah tanki perhari dan itu pun paling banyak akan terlayani sekitar 70 truk," jelasnya.

"Maka tidak heran jika dari sore para pengendara ini sudah memarkirkan kendaraan mereka di sepanjang jalan menunggu BBM Solar bersubdi masuk," sambungnya.

[Irfan Pasaribu]