Payakumbuh Dilanda Angin Puting Beliung, Pemko Lakukan Hal Ini

Wako Payakumbuh, Riza Falepi memantau kondisi becana.
Wako Payakumbuh, Riza Falepi memantau kondisi becana. (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Angin puting beliung yang melanda Kota Payakumbuh, Minggu (10/11) mengakibatkan sejumlah pohon tumbang dan rusaknya beberapa rumah warga. Menyikapi hal itu, Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi meminta seluruh pihak bisa bersinergi untuk menuntaskan persoalan tersebut.

"Untuk rumah warga yang atapnya runtuh akan kita bantu supaya bisa diganti," jelas Riza Falepi, Minggu (10/11) malam.

Akibat angin puting beliung, terdapat sembilan titik di Kota Payakumbuh yang terdampak. Selain rumah warga, pohon beringin besar di Simpang Bukik Sitabur juga tumbang. Akibatnya akses jalan sempat terganggu.

Baca Juga

Ditegaskan Riza, kerjasama bersama antara BPBD, Dinas Lingkungan Hidup, PUPR, Kepolisian, TNI, Basarnas, KSB, dan masyarakat sekitar penting dilakukan agar penanganan bencana dan pasca benca bisa maksimal.

"Kita sangat apresiasi sekali kepada TNI dan bapak-bapak polisi yang sudah turun membuka jalan sesegera mungkin, sehingga keterbatasan tenaga kita tidak menjadi kendala lagi, termasuk sinergi bersama masyarakat karena banyak yang turun ikut membantu," jelas Riza.

Pemko Payakumbuh sendiri melalui Dinas Sosial telah menyiapkan bantuan untuk warga yang membutuhkan ditambah tenda darurat bagi warga yang rumahnya tidak dapat dihuni dikarenakan atapnya copot oleh angin maupun ditimpa pohon.

Senin (11/11) pagi ini, pihak pemko bersama seluruh stakeholder terkait akan melaksanakan aksi responsif tanggap bencana dimana beberapa titik yang mengalami kerusakan akan dipulihkan kembali, termasuk beberapa rumah warga yang atapnya rusak akibat diterjang angin maupun ditimpa pohon.

"Pemko akan berusaha untuk membantu sebisa kita agar situasi kembali pulih, semoga diberikan kesabaran dalam menghadapi ini, kita yakin bersama-sama kita pasti bisa, Insya Allah," kata Riza. (*)

Penulis: Taufik Hidayat | Editor: -