Promosikan Sektor Digital Indonesia, Dirjen IKP: SDM Jadi Faktor Kunci

"Kebijakan informasi dan komunikasi digital di Indonesia diarahkan pemerintah untuk lima sasaran"
2019 Global ICT Leadership Forum di Seoul, Korea Selatan (kominfo.go.id)

KLIKPOSITIF -- Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Widodo Muktiyo mempromosikan capaian pembangunan sektor digital Indonesia. Dirjen IKP menyebut, sumberdaya manusia menjadi faktor kunci pendorong pembangunan sektor digital.

Menurut Dirjen Widodo Muktiyo,  karakteristik umum dan digital masyarakat Indonesia yang menyimpan potensi yang besar. “Kementerian Kominfo melihat hal ini sebagai peluang dan menambah perannya dari sekadar regulator menjadi fasilitator sekaligus akselerator pembangunan sektor TIK,” ungkapnya dalam 2019 Global ICT Leadership Forum di Seoul, Korea Selatan, Senin (11/11/2019), yang dikutip dari kominfo.go.id.

Lebih lanjut, Dirjen IKP menyatakan kebijakan informasi dan komunikasi digital di Indonesia diarahkan pemerintah untuk lima sasaran. “Pertama mendukung transparansi dan demokratisasi, penyederhanaan dan digitalisasi perizinan, pengembangan UMKM Online, Gerakan Nasional 1.000 Start-up Digital; dan Beasiswa Digital Talent,” paparnya mewakili Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dalam forum yang diikuti perwakilan dari negara  Costa Rica, Dominica,  Kyrgyzstan, Laos, Paraguay, Rwanda, Senegal, dan Korea Selatan.

Mengenai faktor pendorong pembangunan sektor digital Indonesia, Dirjen Widodo Muktiyo menyebut sumberdaya manusia menjadi kunci, selain pembangunan infrastruktur dan pengembangan ekosistem digital.

“Keterbukaan informasi, komunikasi digital, pembangunan infrastruktur, serta pembangunan ekosistem dan SDM digital menjadi faktor-faktor pendorong terciptanya data-driven society dan data-driven economyIndonesia,” papar Widodo.

Forum bertema “Going Beyond Digital Transformation to Digital Leadership” itu menjadi ajang diskusi sekaligus berbagi pengalaman, tantangan, dan capaian isu-isu pembangunan sektor digital, ekonomi data, komunikasi ... Baca halaman selanjutnya