Penilaian Adipura 2019, Pol PP Pessel Bongkar Lapak PKL dan Tertibkan Hewan Ternak

"Aturan itu sebenarnya sudah berkali-kali kami sosialisasikan. Tapi, karena tidak menghiraukan, terpaksa kami tertibkan kembali,""
Petugas Pol PP Damkar Pessel menertibkan lapak PKL (Ist)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Jelang Adipura 2019, Dinas Pol PP Damkar Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat membokar lapak pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Sago, Kecamatan IV Jurai, Selasa 12 November 2019.

Kepala Dinas Pol PP-Damkar Pesisir Selatan, Dailipal mengungkapkan, selain lapak-lapak PKL, pihaknya juga menertibkan sejumlah hewan ternak di kawasan tersebut karena dinilai telah merusakan tatanan umum dalam penilaian Adipura.

BACA JUGA: Pemkab Ingin Wujudkan UHC di Pessel

"Ini lanjutan penertiban PKL dan hewan ternak lepas dalam rangka menyukseskan Adipura 2019. Hari ini kami lakukan di titik pantau Painan, Sago dan Salido," ungkapnya pada KLIKPOSITIF, Selasa 12 November 2019.

Ia meminta, agar PKL yang masih berdagang di trotoar sepanjang jalan untuk tidak lagi berjualan di tempat yang dilarang tersebut. Sebab, selain menggangu kenyamanan, juga mengancam keselamatan.

"Aturan itu sebenarnya sudah berkali-kali kami sosialisasikan. Tapi, karena tidak menghiraukan, terpaksa kami tertibkan kembali," ujarnya.

Terkait hewan ternak, pihaknya meminta masyarakat untuk ikut mendukung aturan yang ada di daerah tersebut. Jika ditemukan masih berkeliaran akan dilakukan penindakan.

"Jika perlu dikandangkan ternak - ternaknya, jangan sampai karena ternak berkeliaran bisa menggangu aktifitas warga dan para pengendara lainya," tutupnya.

Sesuai jadwal titik pantau penilaian Adipura 2019, dilaksanakan dua hari dari Selasa 12 hingga Rabu 13 November 2019.

[Kiki Julnasri]