Terapkan Sistem Lapor SP4N, Pemkab Minta ASN di Pessel Cepat Tanggapi Keluhan Masyarakat

"Respon tersebut tidak hanya sebatas jawaban normatif tetapi harus memberikan jalan keluar terkait hal yang diadukan"
sosialisasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) sebagai Sistem Pengelolaan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) (Ist)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) harus mampu merespon cepat dan menindaklanjuti semua pengaduan yang disampaikan masyarakat.

Hal itu ditegaskan, Sekda Pessel Erizon saat membuka kegiatan sosialisasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) sebagai Sistem Pengelolaan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) di Hannah Hotel Syariah Painan, Selasa 12 November 2019.

Ia menjelaskan, dengan semakin majunya pelayanan, setiap laporan masyarakat yang disampaikan melalui SP4N harus direspon dengan cepat. Katanya, respon tersebut tidak hanya sebatas jawaban normatif tetapi harus memberikan jalan keluar terkait hal yang diadukan.

"Jadi, kalau ada pengaduan dari masyarakat harus dijawab dengan tuntas serta solusinya secara nyata," ungkap Sekda.

Lanjutnya, terkait jawaban yang cepat, admin harus tanggap jika ada pengaduan dan dilaporkan kepada kepala perangkat daerah. Jika tidak ada solusi maka segera diteruskan kepada Sekda atau kepala daerah.

"Penerimaan laporan dan tindaklanjut oleh masing masing perangkat daerah akan dievaluasi secara berkala," terangnya.

Ia menambahkan, selaku aparatur pemerintah, ASN harus menyadari kalau kondisi sudah berubah, perubahan akan ditandai dengan berbagai fenomena sosial dan perkembangan teknologi yang ada dewasa ini. Jadi setiap persoalan yang ditemui harus bisa disampaikan pimpinan dalam waktu singkat.

"Untuk itu aparatur harus cepat tanggap terhadap permasalahan yang ada ditengah tengah masyarakat," imbuhnya.

Kegiatan satu hari tersebut, selain Sekda juga dihadiri sejumlah Kepala Perangkat Daerah, Kabag, Kasubag beserta admin pengelolaan aplikasi pengaduan (SP4N) di lingkup Pemkab Pesisir Selatan.

(Kiki Julnasri)