Bermanfaat bagi Ternak, Distan Agam Minta Masyarakat Tidak Membuang Limbah Sawit

"limbah yang dihasilkan dari kebun atau industri pengolahan kelapa sawit, telah dinyatakan beberapa peneliti sangat bermanfaat sebagai bahan pakan ternak, terutama Ruminansia."
Kepala Distan Agam bersama Wakil Ketua DPRD Agam (Ist)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Kabupaten Agam merupakan salah satu daerah penghasil limbah perkebunan kelapa sawit terbesar di Provinsi Sumatera Barat. Untuk itu, limbahnya dapat dijadikan bahan pakan alternatif untuk ternak yang ada disekitar perkebunan.

Kepala Dinas Pertanian Agam, Isman Imran mengatakan, limbah yang dihasilkan dari kebun atau industri pengolahan kelapa sawit, telah dinyatakan beberapa peneliti sangat bermanfaat sebagai bahan pakan ternak, terutama Ruminansia.

"Limbah yang dapat dimanfaatkan berupa pelepah kelapa sawit, daun sawit, bungkil inti dan lumpur sawit," ujar Isman Imran.

Kata Isman, ternak Ruminansia berperan besar dalam memproduksi protein hewani. Namun untuk memenuhi kebutuhan protein hewani diperlukan jumlah ternak yang cukup besar. Tetapi faktor produksi ternak masih terkendala ketersediaan bahan pakan hijauan dan biji-bijian, karena keterbatasan lahan untuk penanaman hijauan.

"Sementara limbah sawit bisa dijadikan sumber pakan bagi ternak untuk mensubstitusi pakan hijauan, karena dapat menghasilkan kualitas karkas yang baik," sebut Isman.

Biasanya pakan ternak ruminansia hanya identik dengan rumput, sehingga limbah kelapa sawit terbuang begitu saja karena ketidaktahuan manfaat dari limbah tersebut. Padahal luas kebun sawit di Agam cukup luas mencapai 39.721 hektar baik yang dikelola masyarakat maupun perusahaan.

"Kebun kelapa sawit masyarakat seluas 20.023 hektar dan perusahaan 19.698 hektar. Perusahaan itu seperti PT. AMP Plantation 9.226 hektar, PT. PPR 550 hektar, PT. KAMU 1.250 hektar, PT. BSS 47 hektar dan PT. MA 8.625 hektar," jelasnya.

Dengan luasnya kebun kelapa sawit di Agam, Isman Imran mengharapkan masyarakat tidak membuang limbah kelapa sawit, karena sangat bagus dijadikan sebagai pakan alternatif bagi ternaknya. Selama ini buah sawit menjadi sumber peningkatan perekonomian, tapi sekarang limbahnya juga dapat dimanfaatkan untuk sumber gizi bagi ... Baca halaman selanjutnya