Ratusan Calon Penerima PKH di Tanah Datar Mengundurkan Diri, Ada Apa?

Pemasangan stiker bagi penerima Bantuan PKH di Kecamatan Sungai Tarab.
Pemasangan stiker bagi penerima Bantuan PKH di Kecamatan Sungai Tarab. (Ist)

TANAH DATAR, KLIKPOSITIF -- Sebanyak 101 kepala keluarga dari 1.411 yang terdaftar sebagai penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar, mengundurkan diri untuk menerima bantuan dari pemerintah tersebut.

"Kita mengapresiasi masyarakat yang mengundurkan diri dengan alasan tidak berhak menerima bantuan bagi keluarga kurang mampu tersebut," ucap Camat Sungai Tarab Afrizal di Batusangkar, Rabu13 November 2019.

Ia menyebutkan keluarga yang mengundurkan diri sebagai penerima bantuan PKH tersebut setelah dilakukan sosialisasi dengan berbagai alasan termasuk enggan dipasang stiker keluarga kurang mampu di rumah masing-masing.

Baca Juga

Afrizal merinci para calon penerima PKH yang mengundurkan diri tersebut tersebar di Nagari Sungai Tarab sebanyak 14 kelurga, Nagari Simpuruik 9, Nagari Pasia Laweh 15, Nagari Rao-Rao 17, Nagari Gurun 7, Nagari Kototuo 26, dan Nagari Kumango 13.

"Kita mengharapkan agar penerima bantuan pemerintah itu benar-benar tepat sasaran," tuturnya.
Sebelumnya, Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma menyampaikan bahwa Pemkab telah mengurangi angka kemiskinan dimana pada 2017 terdapat sebanyak 19.269 jiwa masyarakat miskin dan pada 2018 turun menjadi 18.483 jiwa.

Wabup menyebut dalam mengurangi angka kemiskinan ini pemerintah daerah telah melakukan upaya serius melalui bantuan sosial, pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan usaha ekonomi mikro dan kecil serta usaha lainnya.

Zuldafri menyampaikan langkah yang dilakukan untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan dengan penyempurnaan program perlindungan sosial, peningkatan akses memperoleh layanan dasar bagi masyarakat serta pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas. (irfan taufik)

Editor: Eko Fajri