Perketat Pengamanan, Polda Sumbar Pasang Alat X-Ray

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF-- Pasca insiden pengeboman di Mapolresta Medan pada Rabu 13 November 2019 pagi, Kepolisian Daerah Sumatera Barat memasang alat checked baggage X-ray pada Rabu sore.

Hal tersebut dilakukan untuk memperketat pengamanan Mapolda. Alat tersebut dipasang di ruang lobby utama dan direncanakan juga di pintu penjagaan masuk Mapolda Sumbar.

"Alat itu dipasang Ditpamobvit sore tadi kami baru memasang satu unit di lobby dan itu sudah terpasang," ujar Kabid Humas Polda Sumatera Barat, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu.

Baca Juga

Ia mengatakan, besok pihaknya akan memasang di bagian pintu masuk Mapolda Sumbar satu unit lainnya sebagai pengamanan tambahan.

Ia menyampaikan bahwa setiap pengunjung wajib meletakkan barangnya melewati alat tersebut agar apa yang dibawa dapat terdeteksi.

"Para tamu apabila membawa barang dimasukkan ke dalam alat checked baggage X-ray, seperti di bandara. Jadi apapun isi barang di dalam tas atau lainya dapat terlihat melalui alat ini," lanjutnya.

Ia menegaskan bahwa pengaman di Mapolda Sumbar fokus kepada pengunjung yang datang baik untuk mengurus sesuatu, melapor maupun melakukan pembesukan.

Selain itu, ia mengatakan bahwa pengamanan di Polres dan jajaran juga diperketat agar tidak terjadi hal yang sama seperti di Mapolreata Medan.

"Semua jajaran (diperketat). Kita fokus di setiap Markas Komando (Mako) aja dulu, di jalur perbatasan belum. Tapi yang jelas, atas insiden di Medan kami mengimbau kepada masyarakat tetap tenang dan tidak perlu takut, Sumatera Barat terbilang kondusif," tutupnya.

[Halbert Caniago]

Penulis: Iwan R | Editor: -