Hebat, Dinkes Agam Rehab RTLH dari Iuran Pegawai

"Upaya Dinas Kesehatan ini patut dipuji, karena rehab RTLH yang dilakukan tanpa dibebankan kepada APBD."
Kepala Dinas Kesehatan Agam Indra Rusli (Ist)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Dinas Kesehatan Kabupaten Agam melaksanakan bakti sosial dengan cara merehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), dalam rangka Hari Kesehatan Nasional tahun 2019.

Upaya Dinas Kesehatan ini patut dipuji, karena rehab RTLH yang dilakukan tanpa dibebankan kepada APBD. Dananya murni dari iuran jajaran instansi tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Agam, Indra Rusli mengatakan, tahun ini pihaknya merehab satu unit RTLH di Jorong Subarang Pakan Usang, Nagari Malalak Timur, Kecamatan Malalak atas nama Doni. Dana untuk rehab diperkirakan mencapai Rp40 juta.

"Pengerjaan sudah mulai dilakukan. Sedangkan bantuan yang diserahkan berupa bahan bangunan dan tukang kita menentukannya. Supaya pemilik rumah tidak kesulitan membeli bahan dan mencari tukang untuk bekerja," ujarnya.

Menurut Indra, ini salah satu komitmen yang dijalankannya untuk mengajak jajaran Dinas Kesehatan Agam beramal, dengan cara menyisihkan sebagian rezekinya membantu sesama. Pada 2018 rehab RTLH juga dilaksanakan di Kecamatan Palembayan.

"Kalau tidak dari sekarang kapan lagi kita membantu masyarakat, karena ini juga sejalan dengan komitmen Agam Peduli yang dijalankan Pemkab Agam," sebutnya.

Selain bedah rumah, di momen Hari Kesehatan Nasional 2019, pihaknya juga mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis di lapangan GOR Padang Baru Lubuk Basung.

Camat Malalak, Ricky Eka Putra menyambut baik kegiatan bakti sosial yang dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Agam. Bahkan dilakukan melalui dana iuran tanpa dibebankan kepada APBD.

"Semoga niat baik jajaran Dinas Kesehatan ini bermanfaat bagi warga dan mendapatkan balasan yang terbaik dari Allah SWT," tuturnya sembari bersyukur.