Persiapan Harganas 2020, BKKBN Sumbar Sampaikan Materi Kehumasan

(KLIKPOSITIF/Khadijah)

PADANG, KLIKPOSITIF - Dalam rangka menyambut Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2020 yang akan diselenggarakan di Sumatera Barat (Sumbar), Badan Kependudukan dan Keluarga Nasional ( BKKBN ) Perwakilan Sumbar menggelar sosialisasi dengan bidang kehumasan dan media yang tersebar di seluruh Provinsi Sumbar.

Kegiatan tersebut menggunakan tema Fasilitasi Pranata Kehumasan Tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2020 yang dilaksanakan di Hotel Grand Zuri Padang pada Kamis, 31 Oktober 2019.

Pada kesempatan tersebut, hadir 3 pemateri yang menyampaikan materi penting terkait penyebaran informasi yang membahas tentang kegiatan Harganas 2020 yang direncakanan untuk diselenggarakan pada Juli 2020 dengan menjadikan Kota Padang sebagai Tuan Rumah dan pada acara puncak akan dihadiri Presiden RI Jokowi Dodo.

Baca Juga

3 Pemateri tersebut berasal dari tenaga Profesional seperti Kabid IKP Diskominfo Sumbar Indra Sukma, Kasubag Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Sumbar Enim Yasmi dan Dosen Ilmu Komunikasi Unand, Yessi Puspita.

"Suatu kehormatan bagi BKKBN Sumbar karena terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaran Harganas 2020. Oleh karena itu, kita harus melakukan persiapan untuk pergelaran acara tingkat Nasional tersebut dengan sangat matang," kata Sekretaris BKKBN Sumbar Yusnani, saat menyampaikan kata sambutan.

Dijelaskannya, bidang kehumasan dan media termasuk corong informasi dalam menyebarkan informasi seputar Harganas 2020. Pihak tersebut menurutnya bisa membantu dalam menyukseskan pegelaran acara yang tahun sebelumnya dilaksanakan di Balikpapan-Pontianak tersebut.

Ia mengharapkan melalui kegiatan tersebut, peserta dapat menjadi lebih matang dalam penyebaran informasi terutama terkait Harganas 2020.

Pada bidang protokoler, Enim Yasmi menyampaikan berbagai hal yang terlihat kecil namun penting pada seluruh hadirin. Tidak hanya menyampaikan tentang persiapan dalam bersikap yang tepat pada saat pelaksanaan iven besar, ia juga menyampaikan tentang pentingnya pihak Humas, MC terutama panitian dalam menyambut tamu-tamu penting.

Sementara itu, Kabid IKP Diskominfo Sumbar Indra Sukma mengungkapkan tentang etika penyebaran informasi. Ia juga menjelaskan tentang UUD terkait bidang kehumasan yang dirasa penting bagi penyebar informasi seperti humas dan media.

Di sisi lain, Dosen Ilkom Unand Yessi Puspita menjelaskan tentang bagaimana pemberitaan yang baik itu seperti 5W+1H. Dijelaskannya juga tentang informasi-informasi apa saja yang dibutuhkan publik.(*)

Baca Juga

Penulis: Khadijah

Video Terbaru

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com