Bawaslu Limapuluh Kota Mulai Laksanakan Tahapan Pembentukan Panwascam

Ketua Bawaslu Kabupaten Limapuluh Kota, Yoriza Asra.
Ketua Bawaslu Kabupaten Limapuluh Kota, Yoriza Asra. (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Limapuluh Kota mulai melaksanakan tahapan seleksi pembentukan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 nanti.

"Sejak Rabu (13/11) kemarin, kami mulai menyebar pengumuman proses seleksi ke seluruh nagari di 13 kecamatan di Luak Nan Bungsu," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Limapuluh Kota, Yoriza Asra, Kamis (14/11).

Ia mengatakan, pengumuman pendaftaran calon anggota Panwas Kecamatan untuk perhelatan Pilkada 2020 dilakukan sepanjang 13 November 2019 - 26 November 2019 ini.

Baca Juga

"Penyebaran pengumuman kita lakukan, sesuai jadwal yang ditetapkan Bawaslu RI, sebagaimana SK Nomor 0883/K.BAWASLU/KP.01.00/IX/2019 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panwas Kecamatan tahun 2019," kata Yoriza Asra ketika dikonfirmasi wartawan, Kamis (14/11) siang.

Dijelaskannya, pengumuman pendaftaran diumumkan oleh Pokja Bawaslu Limapuluh Kota melalui webiste resmi, dipampang pada kantor sekretariat Bawaslu di Jalan Raya Negara, Tanjung Pati, Kecamatan Harau, di media sosial Bawaslu Limapuluh Kota, serta di kantor camat, kantor wali nagari, dan fasilitas umum yang bisa dijangkau publik.

Yoriza mengklaim, proses tahapan perekrutan calon anggota Panwascam Pilkada 2020 dilaksanakan secara terbuka sesuai Pedoman Bawaslu RI. Tahapannya, mulai dari penerimaan berkas administrasi pendaftaran, tes tertulis bagi pendaftar yang memenuhi persyaratan administrasi dengan sistem online hingga tes wawancara.

"Untuk menjaga prinsip penyelenggara pemilihan, dalam seleksi Panwascam, Bawaslu juga memberi ruang bagi masyarakat untuk menyampaikan tanggapan dan masukan terhadap nama-nama calon anggota Panwascam," lanjutnya.

Menurutnya, hal itu dilakukan untuk menjaga prinsip prinsip penyelenggara pemilihan serta mendapatkan calon-calon anggota Panwascam yang berintegritas dan profesional. Tanggapan dan masukan, ditujukan kepada Pokja dengan melampirkan identitas diri dan bukti-bukti.

"Masyarakat bisa memberi tanggapannya sejak pengumuman hasil seleksi administrasi sampai pelaksanaan tahapan wawancara nantinya. "Tanggapan masyarakat akan menjadi pertimbangan bagi kami menetapkan calon Panwascam terpilih. Identitas masyarakat pemberi tanggapan juga dirahasiakan," tambahnya. (*)

Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Taufik Hidayat