Dipicu Korsleting Listrik, Kebakaran Pasar Kuok Pessel Hanguskan 32 Bangunan

"kebarakan yang terjadi Jumat dini hari 15 November 2019 menghanguskan 32 unit petak bangunan toko pegadang."
Kebakaran Pasar Kuok di Batangkapas, Pessel, (ist)

PESSEL, KLIKPOSITIF--Kebakaran besar yang terjadi di Pasar Kuok Batangkapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Jumat dini hari 15 November 2019 menghanguskan 32 unit petak bangunan toko pegadang.

Kepala Dinas Pol PP-Damkar Pesisir Selatan, Daililpal mengungkapkan, dugaan sementara pemicu kebakaran akibat adanya arus pendek litrik dari salah satu toko. Api baru bisa dijinakan sekitar pukul 04.00 WIB subuh.

"Untuk korban jiwa nihil, dan kerugian materil yang terbakar masih sedang dihitung," ungkapnya kepada KLIKPOSITIF, Jumat siang.

baca juga: Pasar Kuok Batangkapas Pessel Terbakar

Ia menjelaskan, dari 32 petak toko yang terbakar, ada sekitar lima toko yang belum diisi. Jumlah penghuni  toko yang mengalami kerugian mencapai sebanyak 18 orang. "Itu semua data yang diinventarisir bersama mantri pasar, dan masing-masing pedagang adanya menghuni satu sampai dua petak toko," ujarnya.

Lanjutnya, upaya pemadaman saat itu selain dibantu warga, Damkar Pessel menurunkan sebanyak tiga unit armada yang ditangani dari dua Pos Painan dan Kambang dengan sebanyak 21 personel.

"Alhamdulillah pemadaman berjalan lancar, meski kobaran api tidak bisa ditangani dengan cepat karena api sangat cepat menyebar," tutupnya.

Kiki Julnasri