Tim Teknis BPN Kota Payakumbuh Mulai Lakukan Pengukuran Tanah Warga

"Untuk tanah pusaka dilampirkan ranji silsilah kaumnya yang ditandatangani oleh mamak kepala kaum, kepala suku, dan KAN"
Warga Lurah Talang Kecamatan Payakumbuh Utara mengurus pembuatan sertifikat tanah. (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Tim teknis Badan Pertahanan Nasional (BPN) Kota Payakumbuh sudah mulai turun ke masing-masing kelurahan untuk menerima pendaftaran warga yang ingin membuat sertifikat tanahnya sejak, Senin (4/11) lalu.

Lurah Talang Kecamatan Payakumbuh Utara Riko Eka Putra menyebut, tahap awal masyarakat yang ingin memuat sertifikat tanah wajib membawa foto copy KTP-elektronik (KTP-el) yang diserahkan Ketua RW, setelahnya Ketua RW bersama petugas BPN akan melakukan pengukuran tanah milik warga itu.

Dijelaskan Riko, setelah dilakukan pengukuran tanah warga barulah warga diminta untuk melengkapi berbagai dokumen lain.

"Kita selaku lurah memberikan fasilitas penuh terhadap warga kita," kata Riko.

Lebih lanjut, ia juga menerangkan terkait aturan untuk warga yang ingin membuat sertifikat untuk tanah yang statusnya merupakan tanah ulayat atau pusaka.

"Untuk tanah pusaka dilampirkan ranji silsilah kaumnya yang ditandatangani oleh mamak kepala kaum, kepala suku, dan KAN," kata Riko.

Terkait limit sertifikat tanah, ia menyebut, untuk tanah milik pribadi luas maksimalnya adalah 2 hektar dan untuk tanah kaum atau tanah adat tidak memiliki limit luas alias tidak terbatas.

"Setiap jengkal tanah di Kelurahan Talang kita ingin statusnya jelas sehingga tidak memicu konflik di kemudian hari, manfaat dari Program PTSL ini sangat banyak. Diantaranya, kita ambil contoh seperti terjadi Tsunami di Aceh beberapa tahun yang lalu. Secara kasat mata, sulit mengetahui batas maupun pemilik tanah pasca musibah itu, sekian ribu sertifikat tanah warga hilang ditelan bencana," terangnya.

Untuk batas tanah dan dalam sertifikat itu sudah menggunakan sistem koordinat, sehingga batasnya jelas dan data ada di server dan tidak bisa dimain-main.

"Ketika dipasang pancang tanahnya, itu jelas dan pas, secara online di media elektronik kita dapat mengakses dengan cepat dan akurat bagaimana status dari tanah ... Baca halaman selanjutnya