Kalahkan Petahana, Pemuda 26 Tahun Terpilih Jadi Wali Nagari Batu Taba

"Rahmat Hidayat, biasa disapa Dayat menang 8 dari 11 TPS di Nagari Batu Taba"
Rahmat Hidayat, atau Dayat (paling tengah pakai baju merah) (Istimewa)

AGAM,KLIKPOSITIF -- Bulan November 2019, Kabupaten Agam melangsungkan Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) yang diikuti sebanyak 29 Nagari dari 14 Kecamatan dengan 118 calon Wali Nagari.

Dari 118 calon yang bersaing, terselip satu nama sebagai pemenang, yakni Rahmat Hidayat dari Nagari Batu Taba ,Kecamatan Ampek Angkek.

Ia berhasil meraih suara terbanyak Pilwana Batu Taba, yang dihelat pada Kamis 14 November 2019, dengan perolehan 1.305 suara ,menyisihkan 4 calon lainnya, termasuk petahana Zulhadia yang mendapat 747 suara.

Rahmat Hidayat, biasa disapa Dayat, setidaknya menang 8 dari 11 TPS di Nagari Batu Taba. Kemenangan Dayat terbilang mengesankan, sebab ia masih berumur 26 tahun, salah satu yang termuda diantara Wali Nagari lainnya di Agam.

"Dari calon-calon lain, memang ia termasuk yang termuda. Namun soal ia terpilih yang termuda, belum bisa dipastikan, sebab masih ada Nagari lain yang pilwana," ungkap Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Agam, Wahyu Bestari, Jum'at 15 November 2019 saat dikonfirmasi dari Bukittinggi.

Rahmat Hidayat lahir pada 28 Mei 1993, dan akan memimpin Nagari Batu Taba yang terdiri dari 6 Jorong yang jumlah penduduknya mencapai 5.000-an itu.

Sementara, Dayat sendiri saat dikonfirmasi mengatakan, siap mengemban amanah dan berharap bisa menjalin sinergitas dengan segenap pihak demi kemajuan nagarinya.

Pilwana di Agam berlangsung sejak 4-25 November 2019 mendatang dengan sistem e-voting yang terbagi sebanyak 6 tahap, sementara Pilwana Batu Taba masuk dalam tahap ke 4.

Jika tak ada aral melintang, maka Dayat akan dilantik serentak oleh Bupati Agam pada Desember 2019 mendatang. (*)