Polisi Tangkap Tiga Warga Tanah Datar Saat Pesta Narkoba

"penangkapan ketiga Tersangka berawal dari adanya laporan masyarakat bahwa pelaku YHK sering memakai dan mengedarkan Narkoba di tempat kejadian perkara (TKP) sehingga anggota Satresnarkoba melakukan pengintaian."
Ketiga tersangka bersama barang bukti yang disita di Polres Tanah Datar. (Ist)

TANAH DATAR, KLIKPOSITIF -- Polres Tanah Datar, Sumatera Barat, menangkap tiga orang pelaku penyalahgunaan narkotika jenis Sabu dan Ganja Kering di sebuah rumah di Jorong Kubu Rajo, Nagari Limo Kaum, Kecamatan Limo Kaum, Sabtu 16 November 2019 sekira pukul 02.30 Wib.

"Kita telah menangkap tiga orang pelaku penyalahgunaan Narkotika berdasarkan informasi masyarakat dan sudah meresahkan warga sekitar," kata Kapolres Tanah Datar AKBP Rokhmad Hari Purnomo di Pagaruyung.

Kapolres menyebutkan ketiga pelaku yang ditangkap adalah YHK (42 tahun), RA (31 tahun) dan MC (25 tahun), ketiganya warga Nagari Limo Kaum.

Kapolres menjelaskan penangkapan ketiga Tersangka berawal dari adanya laporan masyarakat bahwa pelaku YHK sering memakai dan mengedarkan Narkoba di tempat kejadian perkara (TKP) sehingga anggota Satresnarkoba melakukan pengintaian.

Saat anggota masuk ke dalam rumah, terlihat ketiga Tersangka sedang mengonsumsi Sabu di meja makan dan petugas segera mengamankan ketiganya. Selanjutnya dilakukan penggeledahan terhadap YHK dan ditemukan dua paket Sabu di saku sebelah kiri dan satu paket Daun Ganja kering di saku sebelah kanan serta satu set alat isap di atas meja makan.

Kasat Resnarkoba Iptu Yadi Purnama menyampaikan selain Narkoba, anggotanya juga menyita barang bukti lainnya berupa satu set alat hisap, dua buah gawai, dua buah mencis dan uang tunai sejumlah Rp100.000.

Saat ini ketiga tersangka sudah ditahan di sel Mapolres Tanah Datar guna proses penyidikan selanjutnya. Ketiganya dijerat Pasal 114 ayat 1, Pasal 112 ayat 1, Pasal 127 ayat 1, Pasal 132 ayat 1, dan Pasal 131 Undang-Undang No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman penjara 5 sampai 20 tahun. (irfan taufik)