Peringati Hari Pahlawan, Ribuan Siswa SD di Payakumbuh Turun ke Jalan

"Kegiatan gerak jalan tepat waktu tersebut adalah untuk meningkatkan disiplin dan kebersamaan siswa"
Lomba gerak jalan tepat waktu tingkat SD di Payakumbuh. (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Ribuan siswa dari 73 Sekolah Dasar (SD) negeri dan swasta di Kota Payakumbuh ikut ambil bagian pada lomba gerak jalan tepat waktu yang mengambil titik start di depan kantor pos Payakumbuh, Senin (18/11).

Kegiatan itu dilaksanakan Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November lalu.

Untuk lomba gerak jalan tepat waktu itu, siswa SD diberikan waktu selama satu jam untuk melintasi jalan utama di Kota Payakumbuh, setelah start di depan kantor pos, mereka kemudian memutar ke Ampera Yul dan kembali memutar ke arah depan kantor pos yang merupakan titik finish.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Dasril menyebut, tujuan dilaksanakannya kegiatan gerak jalan tepat waktu tersebut adalah untuk meningkatkan disiplin dan kebersamaan siswa, guru, serta jajaran pendidikan pada setiap SD di daerah tersebut.

"Selain itu juga agar meningkatkan semangat belajar siswa, dan menumbuhkan rasa nasionalisme bagi insan pendidikan di Kota Payakumbuh," kata Dasril.

Gerak Jalan tepat waktu SD ini berlangsung hingga siang dengan pemuncak SDN 25 Payakumbuh, disusul SDN 43 Payakumbuh di posisi kedua, dan SD Pius di posisi ketiga. Sementara harapan 1 sampai 3 diraih oleh SDN 47 Payakumbuh, SDN 26 Payakumbuh, dan SDN 31 Payakumbuh.

Untuk hari kedua, Selasa (19/11) besok, akan dilaksanakan kegiatan sama dengan peserta para siswa SMP/MTs yang ada di Kota Payakumbuh. Jarak tempuh untuk siswa SMP akan lebih diperpanjang menjadi 6 kilo meter. Titik start tetap di depan kantor pos Payakumbuh kemudian memutar didepan kantor PM, dan kembali finish di depan kantor pos. (*)