Lima Warga Disambar Petir di Agam, Satu Meninggal Dunia

"Peristiwa ini terjadi di Jorong Pasar Bawan, Nagari Bawan, Kecamatan Ampek Nagari"
Kondisi pondok yang roboh akibat disambar petir (Dokumentasi BPBD Agam)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Sebanyak lima warga di Jorong Pasar Bawan, Nagari Bawan, Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam - Sumbar disambar petir sekitar pukul 15.30 WIB, Senin 18 November 2019. Akibat kejadian ini, salah seorang diantaranya meninggal dunia.

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, korban yang tersambar petir itu adalah Darlis (38), Dalinur (55), Yosmanto (38), Anto (25), serta Faisal (20).

Dari lima orang itu, satu diantaranya meninggal dunia, yakni Yosmanto (38) dan dua lainnya dirujuk ke rumah sakit Lubuk Basung, diantaranya bernama Darlis dan Dalinur. Sementara warga bernama Anto dan Faisal mengalami luka ringan.

 

Kejadian ini berawal saat kelima korban bekerja di sawah sekitar pukul 08.00 WIB. Sekitar pukul 15.30 WIB, hujan lebat mengguyur tempat mereka bekerja, sehingga korban berteduh di pondok tengah sawah. Namun tanpa diduga, mendadak ada petir yang menyambar pondok mereka berteduh.

Akibat sambaran petir itu, pondok tersebut jadi ambruk. Sementara satu diantara mereka meninggal dunia dan 4 orang lainya mengalami luka ringan dan luka berat.

 

Atas kejadian ini, BPBD Agam meminta masyarakat agar lebih hati-hati di saat hujan yang disertai petir, terutama bagi masyarakat yang bekerja di sawah agar berteduh di pemukiman warga terdekat, bukan di kawasan pondok di sawah. (*)