Sempat Diblokir, Akses Jalan Proyek PLTMH di Pessel Kini Lancar Kembali

"Warga protes karena akses jalan sekitar mengalami kerusakan akibat dilalui kendaraan berat"
Jalan yang rusak akibat dilalui kendaraan berat (Istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Masyarakat di Kampung Limau Sundai, Nagari Palangai Gadang, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat memblokir akses operasional proyek PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro) yang digarap PT Dempo Sumber Energi.

Informasi pemblokiran dilakukan Minggu 17 November 2019 kemarin, terpantau dari postingan pemilik akun facebook Darwin Sikumbang. Pihaknya mengungkapkan, pemblokiran jalan tersebut dilakukan kerena masyarakat menagih janji perbaikan kerusakkan akibat proyek tersebut.

"Akhirnya pemblokiran jalan Limau Sundai-Pelangai Gadang diblokir masyarakat," penggalan postingannya yang dikutip KLIKPOSITIF.

Menurutnya, akibat lalu lintas kendaraan berat dari proyek pembangkit salah satu sumber energi sekunder itu, sebagian besar jalan kabupaten di Pelangai Gadang mengalami rusak berat.

"Karena kondisi jalan yang sudah hancur mengakibatkan banyak jatuh korban" terangnya.

Terpisah, Humas PT Dempo Sumber Energy, Ruslan membenarkan perihal tersebut. Namun, Senin pagi, sudah kembali dibuka kerena pihak sudah mendapat kesepakatan dengan warga.

"Sudah dibuka kembali, jalan yang rusak sudah kami lakukan pembentonan. Hanya saja, saat untuk kendaraan berat belum bisa kerena kondisinya masih lembek (lunak)," terangnya.

Lanjutnya, terkait jalan yang rusak akibat operasional proyek tersebut, pihaknya dari PT. Dempo bakal memperbaikinya. Namun, hingga masih dalam tahapan hingga selesai.

"Untuk saat kita sudah tidak ada kerja di dalam. Fokus keluar untuk memperbaiki jalan itu (jalan yang diblokir warga)," tutupnya.

[Kiki Julnasri]