Dishub Targetkan TransPadang Beroperasi Januari 2020 di Bypass

"InsyaAllah di Januari 2020 sudah mulai beroperasi"
Dinas Perhubungan Kota Padang menargetkan Trans Padang jalur Teluk Bayur-Bypass beroperasi Januari 2020 (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF - Dinas Perhubungan Kota Padang menargetkan Trans Padang jalur Teluk Bayur-Bypass beroperasi Januari 2020. Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Padang, Dian Fakri mengatakan untuk merealisasikan hal itu, semua kebutuhan terkait hal ini sedang dikerjakan.

"InsyaAllah di Januari 2020 sudah mulai beroperasi. Untuk merealisasikan hal itu, saat ini telah dibangun 74 halte disepanjang jalur Teluk Bayur hingga ke terminal Anak Aie. Dari 74 halte itu, 34 nya dibangun dengan dana Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp300 juta," katanya saat dihubungi Senin, 18 November 2019.

Ia mengatakan 40 halte yang menjadi sisanya rencana pembiayaannya dengan memasukkan proposal pembangunan ke perusahaan-perusahaan dan BUMN yang ada di Kota Padang. "Dari 40 itu, 9 buah sudah dibantu oleh BUMN dengan rincian BRI 2 buah halte, PLN lima halte, Whiz Prime Hotel Khatib Sulaiman Padang satu unit dan Pelindo satu unit. Sedangkan 31 lainnya kita masih melakukan pencarian dana dengan memasukkan proposal ke perusahaan-perusahaan," tuturnya.

Dalam operasional nantinya, ada sepuluh bus yang akan beroperasi sepanjang jalur tersebut. "Sepuluh bus itu merupakan bus hibah tahun 2018 dari Kementerian Perhubungan ke Pemerintah Kota Padang yang saat ini berada di Terminal Angkutan Barang Koto Lalang, Padang," jelasnya.

Trans Padang merupakan layanan angkutan massal bus rapid transit (BRT) di Kota Padang yang mulai beroperasi pada Januari 2014 dengan jumlah armada 10 unit. Pada bulan Juli 2014, dilakukan penambahan 5 unit armada sehingga total armada yang beroperasi adalah 15 unit. Pada tahun 2016 dilakukan lagi penambahan sejumlah 10 unit, sehingga total armada menjadi 25 unit.

Untuk saat ini, jalur operasional Trans Padang yakni Koridor I rute Lubuk Buaya (Batas Kota) – Pasar Raya dengan rincian jalur Jalan Adinegoro – Jalan Prof. Dr. Hamka – Jalan Khatib Sulaiman – Jalan Rasuna ... Baca halaman selanjutnya