Masih Butuh 31 Halte untuk Trans Padang Jalur Bypass

"Kita masih butuh 31 halte sepanjang jalur Teluk Bayur-Bypass."
saat ini masih ada 31 halte yang jadi kebutuhan untuk mempelancar jalur Trans Padang Koridor IV Teluk Bayur-Terminal Tipe A Anak Aia. (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF - Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Padang, Dian Fakri mengatakan saat ini masih ada 31 halte yang jadi kebutuhan untuk mempelancar jalur Trans Padang Koridor IV Teluk Bayur-Terminal Tipe A Anak Aia.

"Kita masih butuh 31 halte sepanjang jalur Teluk Bayur-Bypass. Untuk melengkapi kekurangan itu kita sedang menggaet perusahaan swasta atau BUMN yang ada di Kota Padang berkontribusi dalam hal ini," katanya saat dihubungi, Senin, 18 November 2019.

Ia mengatakan bahwa saat ini pihaknya telah memasukkan proposal ke perusahaan-perusahaan yang ada. "Jika perusahaan itu menyetujui, mereka bisa memilih sendiri di titik mana mereka ingin membangun halte. Kita memberikan kebebasan bagi mereka dalam memilih dan menentukan berapa jumlah yang ingin mereka bangun," jelasnya.

Saat ini, halte dengan model tangga bewarna orange yang ada berjumlah sebanyak 40 buah. "Halte jenis ini bisa dipindahkan sehingga jika ada perusahaan yang ingin membangun di salah satu titik tersebut, maka kita bisa memindahkannya," jelasnya.

Ia menuturkan jika pada saat beroperasi nanti masih kekurangan halte, maka penumpang harus naik dan turun dari pintu depan yang ada di dekat sopir. "Mereka harus turun dari pintu depan sehingga ini agak merepotkan bagi penumpang untuk berjalan lagi ke arah depan untuk turun," jelasnya.

Nantinya dalam operasional, penumpang wajib memakai kartu Brizzi seperti jalur Lubuk Buaya-Pasar Raya. "Aturan tetap sama dan penggunaan kartu tetap wajib bagi setiap penumpang, yakni bagi yang tak memiliki kartu maka tak bisa menggunakan transportasi ini," tuturnya. (*)