DPRD Sumbar Imbau Orang Tua Agar Tegas Berikan Kewenangan Kepada Anak

"Jika anak belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), jangan diberikan izin untuk berkendara"
Anggota Komisi I DPRD Sumbar Firdaus (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF - Kecelakaan tunggal yang terjadi di Jalan M Hatta, Kecamatan Pauh, Kota Padang pada Minggu malam (17/11) dikendarai oleh anak di bawah umur. Terkait hal itu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat mengimbau orang tua agar tegas dalam memberikan kewenangan tegas kepada anak dalam mengendarai kendaraan.

Anggota Komisi I DPRD Sumbar Firdaus mengatakan orang tua harus tegas mengawasi anak, terutama saat mengendarai kendaraan. "Jika anak belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), jangan diberikan izin untuk berkendara karena akibatnya sangat fatal yang tidak hanya merugikan dirinya sendiri, namun juga pihak lain," katanya sat dihubungi, Senin, 18 November 2019.

Menurutnya anak yang belum memiliki SIM dan dibawah umur mengendarai kendaraan adalah hal yang sangat berbahaya. "Sehingga kita mengimbau kepada semua orang tua agar bisa menjaga ini dengan baik sehingga tak ada lagi kejadian yang seperti ini," tuturnya.

"Siapapun dan dari kalangan manapun orang tuanya harus bisa tegas dalam memberikan fasilitas kepada anak. Jangan dengan embel-embel sayang kepada anak, maka kita berikan kebebasan dalam mengendarai kendaraan. Itu bukanlah hal yang baik awalaupun kita memiliki kecukupan materi dalam memberinya," jelasnya.

Ia berharap orang tua memberikan pengawasan yang tegas terhadap anak sehingga hal seperti ini tidak berulang lagi. "Jangan sampai hal ini terulang lagi di masa yang akan datang," jelasnya. (*)