Bawaslu Pasbar Buka Lowongan Untuk Panwascam, Berminat?

"Pendaftaran Panwascam telah dibuka sejak 13 November sampai 26 November 2019"
Selebaran pengumuman pendaftaran Panwascam ditempel di tiap kantor Kecamatan dan kantor Nagari (KLIKPOSITIF/Irfan Pasaribu)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) telah membuka pendaftaran untuk komisioner Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pilkada Pasbar 2020 mendatang.

"Pendaftaran Panwascam telah kita buka sejak 13 November sampai 26 November 2019 dan pengumuman pendaftaran Panwascam sudah tempel di tiap kantor Kecamatan dan kantor Nagari," kata Ketua Bawaslu Pasbar, Emra Patria di Simpang Empat, Senin (18/11).

Ia menjelaskan, Bawaslu membutuhkan tiga komisioner panwascam di tiap kecamatan. "Ada sebelas kecamatan di Kabupaten Pasbar, berarti kita butuh tiga puluh tiga orang komisioner Panwascam di Pasbar," jelasnya.

Pihaknya memberikan kesempatan kepada warga Pasaman Barat untuk menjadi komisioner Panwascam. Syarat utama pendaftaran Panwascam, yakni tidak pernah dipenjara dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

Kemudian, tidak pernah menjadi anggota tim kampanye di Pilpres dan Pileg. Bersedia mengundurkan diri dari jabatan politik, jabatan di pemerintahan dan jabatan di badan usaha milik negara.

"Selain itu, bersedia mengundurkan diri dari organisasi kemasyarakatan jika terpilih menjadi Panwascam," katanya.

Sedangkan syarat lainnya, menjadi Panwascam berumur minimal 25 tahun, pendidikan tamatan SMA/SMK sederajat," terangnya.

Masyarakat bisa melihat pengumuman di website pasamanbarat.bawaslu.go.id. dan media sosial facebook Bawaslu Kabupaten Pasbar. Bagi pelamar ingin mendaftar langsung, bisa ke kantor Bawaslu Pasbar, Jalan Tuanku Imam Bonjol, Kampung Cubadak, Nagari Lingkuang Aua.

Bagi Emra keberadaan Panwascam sangat penting dalam pengawasan pelaksanaan pemilu. "Mudah-mudahan komisioner Panwascam nantinya benar-benar berkualitas dan punya dedikasi dalam pengawasan Pemilu," harapnya.

[Irfan Pasaribu]