Tanggapi Keluhan Masyarakat, Bupati Pasbar Kunjungi Jorong Rura Patontang

"Dinas PUPR harus segera lakukan perencanaan ulang trase jalan dan lanjutkan kembali pembangunan jalan"
Bupati Yulianto dan OPD menulusuri berjalan kaki menuju daerah jorong Rura Patontang, Kecamatan Koto Balingka (Humas Pemkab Pasbar)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Tanggapi keluhan masyarakat terkait buruknya akses sarana dan prasarana di Jorong Rura Patontang, Kecamatan Koto Balingka, Bupati Pasaman Barat, Yulianto kunjungi daerah itu.

Di lokasi, Bupati Yulianto merasa terenyuh melihat kondisi masyarakat Rura Patontang. "Ini harus segera dianggarkan di tahun 2020," kata Yulianto dilokasi, Senin (18/11).

Jalan di kampung ini masih jalan tanah dan sangat licin jika diguyur hujan. Kondisi tersebut sangat berbahaya dilalui jika menggunakan kendaraan, karena harus menempuh rute pendakian dan penurunan yang sedikit panjang dan curam. Selain itu, banyak warga sekitar yang tinggal di rumah tidak layak huni.

"Dinas PUPR harus segera lakukan perencanaan ulang trase jalan dan lanjutkan kembali pembangunan jalan, karena itu kunci roda ekonomi," jelasnya.

Selain itu, ia meminta agar dilakukan pendataan bantuan rehab rumah tidak layak huni, penambahan lokal untuk sarana proses belajar mengajar dan kondisi kelayakan sarana kesehatan.

"Para OPD segera buat anggarannya, ini sangat memprihatinkan, saya ingin daerah ini diberi perhatian," tegas Yulianto.

Bupati melanjutkan, kelayakan teknis harus memenuhi standar, karena akses jalan sekarang tidak memungkinkan untuk ditangani struktur jalannya. "Ini harus dilakukan perencanaan ulang," ulas Bupati.

Sementara warga setempat sangat antusias dan haru atas kedatangan Bupati Pasaman Barat dan merespon keluhan mereka sejak bertahun-tahun lamanya.

"Kami sangat berterima kasih atas kedatangan langsung Bupati Pasaman Barat dan kami merasa terharu karena melihat kondisi kami secara langsung," ujar Harapan, salah seorang warga setempat.

[Irfan Pasaribu]