Unand Hasilkan 1.400 Riset Tahun Ini

"Universitas Andalas (Unand) tahun ini telah menghasilkan 1.400 hasil penelitian (riset)"
Kepala LPPM Unand, Uyung Gatot (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Universitas Andalas (Unand) tahun ini telah menghasilkan 1.400 hasil penelitian (riset). Jumlah sebanyak itu dirilis Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unand.

Kepala LPPM Unand, Uyung Gatot menjelaskan, belas ribu riset Unand tersebut terdiri dari penelitian dasar, terapan dan pengembangan atau inovasi.

Dia berharap hasil penelitian Unand bisa bermanfaat bagi masyarakat, dunia industri dan pemerintah daerah. Kemudian bisa menjadi nilai tambah (Income) bagi Unand dan penelitinya. Hasil penelitian itu telah dikemas dalam bentuk buku, paten dan produk inovasi.

"Unand sudah masuk fase penelitian terapan dan pengembangan namun belum banyak. Kedepan kami akan kejar penelitian pengembangan sebab penelitian ini bisa langsung masuk pasar, bermanfaat bagi masyarakat dan dunia usaha," ujarnya, Selasa, 19 November 2019.

Dijelaskannya, hambatan saat ini dari penelitian pengembangan atau produk inovasi untuk masuk pasar harus memenuhi syarat paten (hak cipta). Unand sendiri sebenarnya sudah banyak yang telah memiliki hak cipta, namun belum sesuai keinginan dunia industri.

"Hampir 200 paten kita, namun dunia usaha masih memilih dan memilah paten yang ingin mereka gunakan dan sesuai dengan keinginan masyarakat," ulasnya.

Selanjutnya, ujar Uyung, Unand juga sedang berusaha agar hasil penelitian dosen-dosen punya banyak terhilirisasi kepada dunia usaha dengan cara membangun kerja sama dengan perusahaan dan pemerintah.

Sementara itu, Rektor Unand Tafdil Husni saat membuka Konferensi Nasional Klaster dan Hilirisasi Riset Berkelanjutan (KN-KHRB) V 2019 di Convention Hall Unand (18/11) menjelaskan, ada beberapa persoalan yang menyebabkan lambatnya hilirisasi dari riset tersebut. Diantaranya dari peneliti sendiri seperti ada dosen hanya mengerti kepada hak paten saja dan terhenti sampai disitu.

Kemudian, ada regulasi yang menghambat sehingga produk hasil penelitian ... Baca halaman selanjutnya