Kali Keenam, Kota Payakumbuh Kembali Raih Penghargaan Sebagai Kota Sehat Wistara

"Yang paling utama masyarakat Payakumbuh menjadi disiplin dalam berperilaku hidup bersih dan sehat sebagai pencegahan agar tidak sakit, penghargaan ini untuk kita semua"
Wako Payakumbuh saat menerima penghargaan sebagai Kota Sehat Wistara. (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Untuk keenam kalinya secara beruntun, Kota Payakumbuh kembali meraih gelar sebagai Kota Sehat Wistara. Penghargaan itu diterima langsung oleh Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi di Aula Kemendagri, Jakarta pada Selasa (19/11).

Trofi dan piagam diserahkan oleh Mendagri Prof. Tito Karnavian atas keberhasilan Kota Payakumbuh menjaga prediket Kota Sehat Wistara di bawah kepemimpinan Riza Falepi.

Sebelumnya, tim verifikasi Kota Sehat yang dipimpin oleh Eko Budi Yunihasto dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah mengunjungi Kota Payakumbuh pada Agustus lalu. Kementerian mengapresisasi Pemko Payakumbuh karena sudah memiliki tugu Adipura sebagai tanda bahwa Payakumbuh adalah kota sehat.

Riza Falepi menyebu, predikat Kota Sehat Wistara atau tingkat pengembangan adalah klasifikasi tertinggi dalam penilaian kota sehat yang di berikan oleh Kementerian Kesehatan. Penghargaan kota sehat bukan hanya penghargaan semata, melainkan adalah kerja sama lintas sektoral antara pemerintah selaku pemangku kebijakan dan masyarakat dalam pembangunan berwawasan kesehatan dan lingkungan.

"Yang paling utama masyarakat Payakumbuh menjadi disiplin dalam berperilaku hidup bersih dan sehat sebagai pencegahan agar tidak sakit, penghargaan ini untuk kita semua," kata wali kota dua periode itu.

Upaya yang dilakukan Pemko Payakumbuh bersama Forum Masyarakat Kota Sehat diwujudkan melalui berbagai upaya yaitu pertama, menciptakan lingkungan yang sehat. Kedua, meningkatkan kebutuhan akan sanitasi. Ketiga, mengembangkan inovasi dalam bidang hygiene sanitasi serta tingginya peran serta masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Sebagai Ketua Forum Kota Sehat Payakumbuh, Indra Zahur Dt. Rajo Simarajo menyatakan partisipasi masyarakat sangat tinggi sehingga forum ini menjadi jembatan atau wadah diskusi yang aktif antara pemerintah dan masyarakat serta komitmen Walikota dalam rangka membangun ... Baca halaman selanjutnya