Akses Permodalan Mikro Petani di Payakumbuh Coba Ditingkatkan

Rakor DKP Payakumbuh.
Rakor DKP Payakumbuh. (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh menggelar rapat koordinasi Dewan Ketahanan Pangan (DKP) yang mengangkat tema "Gerakan mendukung akses permodalan keuangan mikro petani dalam mendukung pengembangan ketahanan pangan," di Hotel Bundo Kanduang, Rabu (20/11).

Kegiatan itu dibuka Staf Ahli Syahril yang mewakili wali kota. Turut hadir Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh Henny Yusnita Riza Falepi, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sumatera Barat Yuwarsyah, Kepala Dinas Ketapang Edvidel Arda, perwakilan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank BRI, dan Bank Nagari serta seluruh stakeholder terkait.

Dalam sambutannya, Syahril menyebut berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat dan ketersediaan bahan pangan melalui sektor pertanian.

Baca Juga

Melalui permodalan sebagai salah satu faktor pendukung penting dalam pengembangan ketahanan pangan sebuah daerah.

"Dewan ketahanan pangan dapat memberikan aksi nyata melalui koordinasi dan pengendalian dan pemeliharaan ketahanan pangan nasional dan daerah, kita yakin di Payakumbuh bisa merealisasikan hal tersebut secepatnya," kata Syahril.

Di samping itu, pemerintah juga ingin agar petani dapat bantuan akses permodalan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) setempat.

Peran DKP sendiri adalah memberikan saran kepada OJK, sehingga para petani kecil tidak lagi tertekan oleh jeratan rentenir.

"Untuk itu, perlu adanya rapat DKP bersama OJK dan lembaga keuangan seperti Bank BRI dan Bank Nagari hari ini, kita berharap semoga kedepan pemerintah dapat terus memfasilitasi petani kita agar ketersediaan bahan pahan terus dapat terjaga di Payakumbuh," kata Syahril. (*)

Penulis: Taufik Hidayat | Editor: -