Seekor Hiu Tutul Kembali Ditemukan Terdampar di Pessel

"Hiu tutul terdampar ini kembali ditemukan di Kecamatan Batangkapas"
Alat berat dikerahkan untuk menguburkan bangkai hiu tutul yang terdampar di Pessel (Istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Seekor hiu tutul kembali ditemukan terdampar di perairan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumateta Barat. Tidak berbeda dengan penemuan sebelumnya, Hiu bernama latin Rhincodon typus ini berakhir dalam kondisi mati.

Fenomena hiu tutul terdampar ini ditemukan di Pantai Tan Sridano, Kecamatan Batangkapas, Selasa 19 November 2019 kemarin. Berakhir mati, seteleh sebelumnya tersangkut di jaring nelayan.

Baca juga : Seekor Hiu Tutul Terdampar di Pessel, Begini Kondisinya

"Benar, ini sudah kejadian yang ke tiga kali dalam beberapa bulan belakangan. Namun, penemuan kembali sama, tidak bisa diselamatkan," ungkap Kadis Perikanan Pessel, Andi Syafinal kepada KLIKPOSITIF.

Ia menjelaskan, adanya penemuan ikan besar berulangkali di daerah tersebut, sampai saat ini masih dalam BPSPL Padang. Sebab, berungkali tentu menjadi tanda tanya di daerah tersebut.

"Masih dalam penelitian BPSPL, biasanya kalau ikan terdampar ini mungkin karena keluar dari kawanan atau bisa juga karena hal lain," terangnya.

Lanjutnya, setelah ada penemuan tersebut, Rabu pagi, 20 November 2019 telah dilakukan penguburan. Diperkirakan mencapai bobot 1,7 ton, ikan besar tersebut dikuburkan menggunakan alat berat.

"Karena tidak alternatif lain, hingga dilakukan penguburan. Semoga, fenomena ini bisa segera ditemukan penyebabnya oleh BPSPL," tutupnya.

[Kiki Julnasri]