Bunga Bangkai Berukuran Raksasa Ditemukan di Sawahlunto

"Ditemukan oleh Juanis (49) secara kebetulan pada Senin 18 November 2019 lalu. Ia berencana untuk memperbaiki saluran air dari gunung yang dialirkan ke rumahnya"
Bunga Bangkai (Istimewa)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Sebuah Bunga Bangkai berukuran besar dilaporkan mekar di Kelurahan Air Dingin, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto.

Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Lembah Segar Subandi mengatakan, bunga dengan nama latin Amorphophallus Titanum ditemukan pertama kali oleh warga secara tidak sengaja.

"Ditemukan oleh Juanis (49) secara kebetulan pada Senin 18 November 2019 lalu. Ia berencana untuk memperbaiki saluran air dari gunung yang dialirkan ke rumahnya," katanya di Sawahlunto, Kamis 21 November 2019.

"Melihat bunga bangkai tersebut, Juanis mengurungkan niatnya membetulkan saluran air, akan tetapi memberitahukan kepada warga lain, kemudian jadi tontonan warga," sambungnya.

Menurut, Subandi dari laporan tim di lapangan, ukuran Bunga Bangkai tersebut berukuran kurang lebih setinggi 1,5 meter dengan lebar 50 centimeter.

"Letaknya berada ditepi jurang, kami himbau agar warga berhati-hati saat menyaksikan bunga yang kategori langka ini," ujarnya.

Sementara itu, Lurah Air Dingin Syafni Arman menambahkan, turut bersyukur bunga bangkai tersebut bisa tumbuh didaerahnya.

"Warga jangan panik dengan tumbuhnya bunga langka itu. Beberapa waktu silam juga pernah ditemukan di daerah Kelok Cabai yang tidak jauh dari sini," katanya.(*)