Pertama di Kota Pariaman, Puskesmas Air Santok Lakukan Re Akreditasi

"Re akrediatsi ini bertujuan agar puskesmas bisa lebih meningkatan mutu pelayanan dan keselamatan pasien"
Tim Surveior Kemenkes RI kunjungi Puskesmas Air Santok (Ist)

PARIAMAN, KLIKPOSITIF -- Pertama kalinya di Kota Pariaman, Puskesmas Air Santok Desa Air Santok Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman dikunjungi oleh tim surveior Kementerian Kesehatan RI untuk penilaian re akreditasi yang bertempat di Puskesmas Air Santok, Kamis 21 November 2019.

Tim surveior re akreditasi yang terdiri dari dr.Lusi Novianti, MPH untuk penilaian Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) , dr.Hibsah Ridwan,MSc untuk upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan dr.Nurfa Usdiaty, MKes untuk administrasi dan manajemen (Admen) ini akan melakukan penilaian selama 3 hari mulai dari Kamis- Sabtu.

“Re akrediatsi ini bertujuan agar puskesmas bisa lebih meningkatan mutu pelayanan dan keselamatan pasien, meningkatkan perlindungan bagi SDM kesehatan, masyarakat, dan lingkungannya serta Puskesmas sebagai institusi pelayanan kesehatan dan meningkatkan kinerja dalam pelayanan kesehatan perorangan dan kesehatan masyarakat," ungkap dr.Nurfa Usdiaty, MKes selaku ketua tim.

Penilaian akan dilakukuan dengan sistem telaah dan telusur dokumen. Maksudnya masing-masing surveior mendapat ruangan yang memadai, telaah dokumen dalam 3 set (Admen, UKM dan UKP), telusur dokumen maksudnya setiap petugas siap menyampaikan klarifikasi atau penjelasan apabila terpilih pada saat telusur wawancara dan observasi dan wawancara pimpinan.

“Wawancara dengan lintas sektor termasuk tokoh agama dan tokoh masyarakat surveior ke lapangan atau lintas sektor diundang, untuk UKP disediakan 10 rekam medis 2 bulan terakhir dan hari ini (kasus emergensi, tindakan, obsgyn, anak dan rujukan) dan UKM disiapkan program unggulan atau inovasi, selain program esensial. Hasil penilaian ini akan ditentukan 3 minggu kedepan “ tambahnya.

Sementara itu kepala Puskesmas Air santok Maili Susiyeti mengatakan re akreditasi berarti akreditasi kedua setalah tiga tahun lalu mendapatkan akreditasi pratama. Re akreditasi dilakukan dengan harapan bisa menjadi ... Baca halaman selanjutnya